SINEREVIEW

May 31 2017 by arwuda

Jailangkung Jadi Film Jose Poernomo Termahal

Film bergenre horor tampaknya kembali menjadi primadona di perfilman Indonesia. Yang terbaru, film Jailangkung yang akan segera tayang di bioskop pada 25 Juni 2017 mendatang.

Disutradarai oleh Jose Poernomo dan Rizal Mantovani yang 16 tahun silam sukses dengan Jelangkung (2001), kini mereka kembali menggarap film horor berlatar cerita mirip. Namun, film bertajuk Jailangkung itu dibuat dengan versi modern dan pemain berbeda.

Menariknya, Jose Poernomo mengatakan Jailangkung sebagai film termahal yang pernah diproduksinya.

"Bisa dibilang ini film horor termahal yang pernah saya buat. Kalau ditaksir mungkin buat film ini senilai dengan kita buat 2-3 film lainnya," ungkap Jose Poernomo, saat peluncuran trailer Jailangkung.

Tak menyebut nilai pastinya, Jose mengisyaratkan pengeluaran yang ia tahu  mencapai Rp10 miliar. Jumlah ini terbilang tidak sedikit mengingat produksi Jelangkung (2001) hanya menyentuh angka Rp1 miliar.

"Saya hanya tahu yang berhubungan langsung dengan produksi mendekati Rp 10 miliar, itu belum sama apa-apa lagi segala macamnya," kata Jose Purnomo.‎

Selain produksi film, pengeluaran terbesar terjadi bagian akomodasi. Pasalnya, untuk pengambilan beberapa adegan, Jose Purnomo terbang ke beberapa kota di Indonesia seperti Nusa Tenggara Barat, Bali, Purwokerto, Depok, Bandung, Bogor, dan Jakarta.

Film Jailangkung menceritakan tentang teror boneka jelangkung yang menebar ancaman pada satu keluarga. Film hasil rumah produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures ini Jefri Nichol, Amanda Rawles, Hanna Al Rasyid, Lukman Sardi, Wulan Guritno, Gabriella Quinlyn, Augie Fantinus dan Butet Kertaredjasa.

TRIVIA

WONG Fei Hung (1847-1924) menjadi tokoh legenda yang paling banyak difilmnya. Sejak era aktor Kwan Tak Hing (1949) memerankan guru Wong hingga Jet Li (Badge of Fury -2013) atau era Peng Yuyan (Rise of the Legend) tak kurang dari 120 judul film telah dibuat perfilman Mandarin maupun China daratan