SINEREVIEW

May 31 2017 by arwuda

JAILANGKUNG: Kengerian di Trailer Film Jailangkung

TRAILER resmi film Jailangkung rilis 30 Mei 2017. Terlihat dalam trailernya production value film ini menawarkan visual yang menawan. Danau di tengah pulau, lokasi dan set-rumah hingga penggunaan pesawat terbang amfibi (sea-plane) menjadikan film Jailangkung hadir sesuai konsep dua sutradaranya, Jose  Poernomo dan Rizal Mantovani.

“Jujur, konsep yang kami bikin sejak awal tidak murah. Syuting di beberapa lokasi berbeda dengan dukungan kelengkapan syuting menjadikan film Jailangkung tampil sebagai film horor lebih grand. Kami beruntung Screenplay (Films) mengakimodasi konsep yang kami tawarkan,” jelas Jose Poernomo.

Dalam trailer film Jailangkung terselip sosok hantu yang menguasai boneka Jailangkung. Namun, ini bukan spoiler, Rizal Manovani menyebut bahwa di filmnya kali ini, ia dan Jose menampilkan sosok arwah lain. “Seperti waktu kami buat film Jelangkung tahun 2001 dengan menghadirkan Suster Ngesot. Di film terbaru kami hadirkan arwah lainnya yang harus ditonton di filmnya,” ungkap Rizal.

Ritual pemanggilan arwah dengan boneka jailangkung dihadirkan juga di trailer. “Nggak tahu cuma sugesti atau memang nyata. Energi saat memegang boneka itu luar biasa besar. Dibanding saat berlarian di kuburan, adegan ritual memegang boneka jailangkung cukup menguras tenaga dan bikin was-was,” jelas Amanda.

Dalam permainan jailangkung, berkomunikasi dengan arwah nampak mudah. Namun faktanya, tidak ada yang sederhana bila sudah berkaitan dengan dunia arwah. Termasuk cerita yang dihadirkan di film Jailangkung. Nyawa sebagai harga yang harus dibayar bisa menjadi fakta yang terjadi. Literatur lama tentang pemanggilan arwah melalui boneka jailangkung menjadi pegangan Jose dan Rizal membuat cerita film ini.

Dari trailer tergambarkan, sebagian cerita dan misteri kengerian permainan boneka jailangkung. Kisah Ferdi (Lukman Sardi) yang mengalami koma secara misterius mendorong anak-anaknya mencari penyebabnya. Angel (Hanna Al Rashid), Bella (Amanda Rawles) dan sahabatnya, Rama (Jefri Nichol) mendatangi pulau di tengah danau.

Di rumah misterius di tengah danau itu, ayah mereka menjalankan ritual pemanggilan arwah melalui boneka jailangkung. Untuk mengungkap derita koma sang ayah, Bella, Rama dan Angel pun memainkan boneka ritual jailangkung. Risikonya adalah ancaman nyawa mereka.

Jose Poernomo juga masih mengingatkan untuk tidak mengucap mantra pengundang Jailangkung: ‘Datang Gendong, Pulang Bopong!’ Tapi silakan saja, kalau masih ingin mengucapkannya juga dalam satu ritual. Risiko tanggung sendiri!

Saksikan trailer perdana Jailangkung lewat link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=vDjjl1rqrCU&feature=youtu.be

TRIVIA

Festival Film Indonesia (FFI) berlangsung sejak 1955. Tapi Piala Citra diberikan sejak tahun 1966. Lalu, siapa orang perfilman penerima Piala Citra terbanyak hingga saat ini. Tercatat nama Idris Sardi (10 Citra), Asrul Sani (8 Citra), Teguh Karya & Arifin C Noer (masing-masing 8 Citra).