SINEREVIEW

Jul 27 2017 by arwuda

Wu Kong Merajai Box Office

PRODUKSI lain cerita tentang Kera Saktu, Wu Kong kembali merajai box office di China. Di golden week, atau rilis minggu pertama, mulai 17 Juli 2017, Wu Kong sudah mendapatkan 33 juta USD (Rp 429 miliar). Dan dalam waktu 11 hari, film ini mampu meraup 91 juta USD (setara Rp 1,3 triliun). Catatan yang diraih film Wu Kong ini menjadikannya sebagai film laga kelima terlaris di daratan China.

Empat film terlaris 2017 masih di atas hasil box office Wu Kong. Dan keempat sebelumnya adalah film terlaris yang diputar di Tahun Baru China (Imlek) Februari 2017 lalu. Di antaranya Journey to The West. Memang unik penonton China daratan dalam menyaksikan film dengan tokoh utama si Kera Sakti (Sun Wu Kong). Tidak terkecuali film animasi karya rumah produksi Illumination dan Universal berjudul Monkey King: Hero is Back.

Hero is Back juga bertutur tentang Kera Sakti Sun Wu Kong. Hasil penjualan tiketnya membuatnya berada di urutan film terlaris di daratan China untuk tahun 2017 ini. Lagi-lagi film laris yang mengeksploitasi cerita si Kera Sakti.

Film laris setelah Wu Kong ada Brotherhood of Blades 2. Di hari pemutaran perdana, Brotherhood meraih 25,65 juta USD. Berikutnya disusul Despicable Me 3. Selama 15 hari Despicable meraih 133 juta USD selama 17 hari peredarannya di China. Berikutnya ada film drama Father & Son karya Yuan Weidong. Father & Son awalnya menarik, mampu melebihi jumlah penonton Wu Kong. Namun hari kedua langsung menyusut. Posisi keenam box office 2017 ditempati Pancake Man.

Film animasi untuk kategori umur dewasa, Da Hu Fa berhasil mencapai posisi kelima dengan pendapatan 10 juta USD dalam waktu 11 hari, bersamaan dengan dua film China lainnya yaitu komedi romansa Our Shining Girls (4,75 jt USD dalam empat hari) dan animasi Tea Pets (2.75 juta USD dalam tiga hari).

Selanjutnya ada Meow yang bergenre sci-fi dengan pendapatan 6 juta USD dalam 10 hari, film horor The House That Never Dies 2 dengan pendapatan 31 juta USD dalam 18 hari, dan film Jepang Midnight Diner 2 mengakhiri 10 film teratas di Box-Office China, dengan pendapatan 1,6 juta USD dalam enam hari pertamanya.

(Sinemata/ Ron)

TRIVIA

JAMES Bond 007 menjadi franchise dengan seri terpanjang. Sejak Dr No (1962) hingga Spectre (2015), sudah 24 judul diproduksi. The Land Before Time dibuat 13 judul. Friday The 13th sebanyak 12 judul, Star Trek 10 judul. Star Wars direncanakan dibuat Sembilan judul, plus spin off cerita. Halloween sudah dibuat 10 judul.