SINEREVIEW

Aug 02 2017 by arwuda

Film-film Favorit Para Pemimpin Dunia

Mulai dari Bioskop Berbisik sampai Horor Friday The 13th

BILA ditanya tentang film kesukaannya, Presiden Obama pasti menyebut The Godfather sebagai film favoritnya. Sementara Presiden Trump, film yang ia tonton di bulan pertama masuk Gedung Putih adalah Finding Dori. Bagaimana dengan Presiden Joko Widodo?

Presiden Jokowi termasuk apresiatif dalam urusan film. Presiden Jokowi nonton film Cinta Brontosaurus, film drama komedi. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menjadi pembisik dan penutur cerita film dengan konsep ‘bioskop berbisik’. Presiden menceritakan jalan cerita film kepada penyandang disabilitas di sampingnya saat menyaksikan film Beta Maluku. Presiden Jokowi juga datang ke acara Premiere film Soedirman. Dan sesekali memberi kejutan dengan berbaur bersama penonton umum menyaksikan film seperti Cek Toko Sebelah.

Lalu bagaimana dengan film yang ditonton Presiden China Xi Jinping, almarhum Presiden Korea Utara Kim Jong Il, atau Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tidak ada yang menyangka, Presiden Xi Jinping termasuk penggemar sekaligus kritikus yang keras buat film yang ditontonnya. Sepuluh tahun lalu sebelum jadi presiden, Presiden Xi mengaku sebagai penggemar berat Spielberg. Saving Private Ryan merupakan karya Spielberg favoritnya. Begitu juga karya Martin Scorsese The Departed – diadaptasi dari drama thriller aksi Hong Kong Infernal Affair. Bisa jadi Departed menginspirasi kegeraman Presiden Xi terhadap koruptor terinspirasi Departed ini.

Tak hanya memuji, Presiden Xi juga mengkritik habis karya sutradara kebanggaan China, Yang Zimou, Curse of the Golden Flower. Juga karya Ang Lee Crouching Tiger, Hidden Tiger. Kedua film kolosal box office tersebut dianggap terlalu melebihkan dalam menyajikan konflik dalam istana. Dan Presiden Xi tidak menyukai karya kedua sutradara. “Tidak seharusnya sutradara mendramatisir keburukan, dibanding mempromosikan sisi baik,” kritiknya.

Film favorit Presiden Xi lainnya adalah: The Deer Hunter dan Mission Impossible. Ia juga tonton serial TV popular House of Cards yang dibintangi Kevin Spacey. House merupakan seri tentang intrik kekuasaan kepresidenan di Amerika.

Almarhum Kim Jong Il termasuk maniak terhadap film. Ia bahkan menulis buku tentang film, On the Art of Cinema (1973). Buku ini ditulisnya saat menjabat sebagai menteri kebudayaan. Dan yang paling ekstrim adalah ketika Jong-Il berkuasa. Ia culik sutradara Korea Selatan dan memintanya membuat film Godzilla versi Korea Utara. Alamak!

Berikut ini film-film yang digemari almarhum Kim Jong Il: film horor Friday The 13th, Rambo: First Blood dan Bend It Like Beckham.

Tak banyak preferensi film Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam wawancara, ia cuma sebutkan satu film yang kerap ditonton ulang The Shield and the Sword (1968). Ini film tentang agen Rusia yang menyusup ke dalam pasukan Nazi Jerman dalam PPD II.

(Sinemata/ *)

TRIVIA

Festival Film Indonesia (FFI) berlangsung sejak 1955. Tapi Piala Citra diberikan sejak tahun 1966. Lalu, siapa orang perfilman penerima Piala Citra terbanyak hingga saat ini. Tercatat nama Idris Sardi (10 Citra), Asrul Sani (8 Citra), Teguh Karya & Arifin C Noer (masing-masing 8 Citra).