SINEREVIEW

Aug 11 2017 by arwuda

Wolf Warrior 2: Bakal Jadi Film China Terlaris Sepanjang Masa

REKOR film box office China sepertinya bakal  diambil alih film Wolf Warrior 2.  Wolf sudah mendapatkan total pemasukan  506 juta USD di minggu keempat pemutarannya di daratan China. Wolf juga diprediksikan bakal menggusur karya Stephen Chow, The Mermaid yang mencatat total pemasukan sebesar 527 juta USD.

Bila diperingkat termasuk film-film Hollywood yang beredar di daratan China, Wolf Warrior 2 sudah mengungguli capaian Beauty and The Beast (2017) sebagai film terlaris. Beauty  meraih pemasukan 504 juta USD.

Secara keseluruhan, tercatat hanya ada tujuh film yang pernah melewati angka 500 juta USD (Rp 6,5 triliun) dalam peredarannya di daratan China. Artinya, The Wolf mencatat prestasi yang luar biasa sebagai produksi film lokal. Ia jauh mengungguli film-film box office Amerika.

Saking larisnya, masa pemutaran Wolf di seluruh gedung akan diperpanjang sekitar satu bulan. Ini terhitung mulai minggu depan (Agustus minggu ke-3). Teater-teater bersertifikasi IMAX di China juga akan segera merilis versi baru Wolf Warrior 2 pada 18 Agustus 2017.  

Wolf pada akhirnya juga mendominasi pendapatan dibanding film-film impor yang kebanyakan akan mengakhiri peredarannya di China pada 25 Agustus 2017. Film-film tersebut di antaranya:  Cars 3, Baby Driver dan Valerian and The City of A Thousand Planets. Otomatis Wolf menutup peluang film box office Hollywood mendapatkan tambahan penonton. Wolf juga menutup peluang Dunkirk, Spider-Man: Homecoming, War For The Planet Of The Apes mencatat box office di China.

Tak hanya di daratan China, Wolf juga lumayan mendapatkan sambutan di Amerika Utara yang meraup 1.06 juta USD. Di Australia, film ini juga meraih pemasukan sebesar  543.000 USD dan masih akan bertambah.

Wolf Warrior 2, sekali lagi menjadi bukti bahwa produksi film lokal mampu menggusur film-film Hollywood!   

(Sinemata / Ron)

TRIVIA

Festival Film Indonesia (FFI) berlangsung sejak 1955. Tapi Piala Citra diberikan sejak tahun 1966. Lalu, siapa orang perfilman penerima Piala Citra terbanyak hingga saat ini. Tercatat nama Idris Sardi (10 Citra), Asrul Sani (8 Citra), Teguh Karya & Arifin C Noer (masing-masing 8 Citra).