SINEREVIEW

Aug 23 2017 by arwuda

An Inconvenient Sequel - Truth To Power: Dunia Semakin Menua, Perubahan Iklim pun Mengancam

Di zaman sekarang, gedung bertingkat dimana-mana dan polusi udara juga semakin meningkat setiap tahunnya. Akibatnya, perubahan iklim di dunia juga berubah drastis. Apa penyebabnya? Apakah tidak ada solusi untuk mengembalikan iklim dunia seperti sediakala?

Pada tahun 2006 mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore, membuat film dokumenter tentang perubahan iklim di dunia yang berjudul An Inconvenient Truth. Gore meyakinkan masyarakat bahwa pemanasan global itu nyata, tragisnya semua disebakan oleh manusia itu sendiri. Dari situ Al Gore mengumpulkan pejuang iklim di seluruh dunia. Al Gore berkeliling dunia guna untuk melanjutkan perjuangannya, ia melatih pejuang iklim serta mempengaruhi kebijakan iklim internasional.

Tidak puas dengan An Inconvenient Truth, Al Gore pun membuat sekuel dari film tersebut yang berjudul An Inconvenient: Truth To Power. Masih tentang bagaimana usaha Al Gore meyakinkan masyarakat bahwa perubahan iklim merupakan isu yang perlu disikapi saat ini dan masa mendatang. Bedanya, pada film terbarunya Al Gore lebih membangkitkan semangat bahwa walaupun berisiko tinggi, bahaya perubahan iklim dapat diatasi dengan akal dan semangat manusia. Selain itu Al Gore juga menunjukkan seberapa dekat kita dengan revolusi energi sejati.

Bersama dengan dirilisnya An Inconvenient: Truth To Power, Al Gore juga menerbitkan buku baru dengan judul yang sama. Buku yang berisi temuan para ilmuwan terkemuka di seluruh dunia. Juga ditambah pengalaman Al Gore menghadapi isu perubahan iklim yang ia hadapi saat menjabat sebagai wakil presiden.

Ketua The Climate Reality Project Indonesia, Amanda Katili Niode PhD berharap dengan diputarnya film ini, masyarakat Indonesia akan lebih paham tentang perubahan iklim di dunia. Bencana perubahan iklim memang tidak seketika terjadi, tapi dampak masa depan bakal merugikan masa depan bumi. Lalu bagaimana nasib anak keturunan manusia? Pengetahuan juga berlomba mengatasi isu perubahan iklim, tapi mampukah pengetahuan selangkah di depan dibanding bencana yang mengancam? An Inconvenient: Truth To Power, yang dikemas sebagai film doku-drama ini mencoba menyodorkan realita perubahan dunia.

Sutradara: Bonni Cohen, Jon Shenk

Pemain: Al Gore

TRIVIA

Lewat Djam Malam adalah film pertama yang berhasil memenangkan penghargaan Festival Film Indonesia pada 1955. Tidak hanya pada kategori FIlm Terbaik, tetapi juga penyutradaraan, skenario, pemeran utama pria dan wanita dan peran pembantu. Lewat film ini pula, sang sutradara, Usmar Ismail sempat dinominasikan sebagai sutradara terbaik dalam Festival Film Asia