SINEREVIEW

Aug 25 2017 by arwuda

The Dark Tower : Pertempuran Dunia Tengah, Demi Keseimbangan Semesta

Film-film adaptasi dari Novel masih cukup digemari para penonton. Dark Tower salah satunya. Film ini diangkat dari novel Stephen King dengan judul sama. Ia juga pernah diadaptasi ke dalam serial komik terbitan Marvel Comic. Keduanya, baik komik maupun novel bercerita tentang keberadaan menara hitam penjaga keseimbangan antar dunia.

Film besutan sutradara Denmark, Nikolaj Arcel  ini. bercerita tentang seorang Gunslinger (koboi petembak jitu) bernama Roland Deschain. Dialah penjaga terakhir dari The Dark Tower dari serangan Walter O’Dim. Pertarungan antara Roland dan Walter terjadi di alam bernama Mid-World, salah satu dari beberapa alam yang ada di semesta.

Di alam lain bernama bumi, atau disebut dengan Keystone Earth, hiduplah seorang anak yang memiliki kemampuan cenanyang istimewa. Jake Chambers namanya. Ia sering mengalami mimpi mengerikan dan menggambar dalam bukunya.

Ternyata isi gambarnya tentang kejadian-kejadian di alam Mid-World. Walter yang ternyata adalah seorang penyihir jahat, ingin menghancurkan Menara Hitam penjaga keseimbangan semesta. Walter juga mengincar Jake.

Film laga petualangan Columbia Pictures ini memiliki rating 13+ dan memang mengincar para penonton remaja. Itu sebabnya cerita lebih mengedepankan tokoh Jake Chambers. Karakter Jake Chambers dibangun dengan berbagai potensi yang masih tanggung. Detail latar belakang berasa kurang lengkap. Begitupun dengan pengembangan karakter utama seperti Roland dan Walter. Kedalaman karakter masih terasa tanggung, bisa jadi ini berkaitan dengan kemungkinan pembuatan sekuelnya.

Aksi laga juga dirasa kurang mengikuti tren  film Superhero masa kini. Termasuk kecenderungan adaptasi komik menjadi film yang rasional dan lebih membumi. Jagoan pun juga bisa mengalami kekalahan, kekecewaan, putus asa bahkan pada titik nadir kesuperannya seakan tiada guna.

Namun begitu, Dark Tower cukup ditunggu-tunggu para penggemar Idris Elba. Konflik batin maupun fisik yang terwakili tokoh-tokoh di film ini cukup menjadi hiburan tersendiri. Konflik pertempuran Roland, sebagai Gunslinger terakhir melawan Walter sebagai penyihir jahat yang konon tak terkalahkan menjadi inti konflik.

Akankah Roland berhasil mempertahankan Dark Tower, ataukah dia takluk pada pengaruh sihir Walter?

(Sinemata/ Al)

Sutradara  : Nikolaj Arcel
Produser : Akiva Goldman, Ron Howard, Erica Huggins.
Pemain : Idris Elba, Matthew McConaughey, Tom Taylor, Claudia Kim, Fran Kranz, Abbey Lee, Jackie Earle Haley.

TRIVIA

Film Indonesia berdurasi terpanjang, dicatat oleh film Pengkhianatan G30S PKI (1984) yang merupakan produksi Pusat Produksi Film Negara (PPFN). Wikipedia mencatat, G30S berdurasi 271 menit (4 jam 31 menit). Berikutnya, film Janur Kuning (1979) berdurasi 180 menit (3 jam), Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015) berdurasi 161 menit (2 jam 41 menit), Tjoet Nja Dhien (1986) durasi 150 menit (2 jam 30 menit), The Reid 2: Berandal, berdurasi 148 menit (2 jam 28 menit)