SINEREVIEW

Sep 05 2017 by arwuda

Annabella : Creation Mula Kehadiran Iblis dalam Boneka Sadis

Annabella: Creation

Mula Kehadiran Iblis dalam Boneka Sadis

BOLEH saja Marvel punya banyak jagoan dan spin-off cerita. Mereka buat jagoan baru atau antagon dari karakter di satu film, lalu menjadikannya installment tersendiri. Film horor Conjuring, pun tak mau kalah.

Cerita boneka Annabella yang menjadi box office di tahun 2014, dihadirkan prekuelnya. Berikutnya The Nun juga dibuat untuk spin-off tentang biarawati yang muncul di sekuel kedua Conjuring, juga di prekuel film Annabelle: The Creation. Keduanya memiliki jalinan cerita yang saling berkelindan. The Nun nantinya memunculkan karakter hantu Valak.

Berikut adalah The Crooked Man, hantu yang duduk di kursi pojon rumah yang dihuni keluarga Hodgson. Rumah tua di kota London ini menjadi medium Crookman menghantui anak-anak keluarga Hodgson. Semuanya dalam proses produksi. Tidak terkecuali cerita utama Conjuring 3.

Annabelle: Creation sendiri semakin melambungkan aneka ‘setan’ garapan James Wan yang kali ini bertindak sebagai produser. Annabelle direspons positif dari sisi penjualan. Tidak terkecuali kritikan media. Sebagian besar memuji Annabelle: Creation garapan David F Sandberg. Sandberg punya kontribusi besar menjadikan Annabelle digandrungi meski adegan jumpscare yang membuat kaget penonton tak banyak diumbar. Bisa jadi, menjual scene mengejutkan bagi penonton sudah terlalu usang.

Atmosfer mencekam sudah terasakan di adegan petak umpet Annabelle dan sang bapak, Samuel Mullins, hadir di awal film. Pergerakan perlahan kamera dan aura visual yang mencekam dibangun tanpa efek suara berlebihan. Justru kesenyapan yang mengundang rasa takut penonton. Tak peduli adegan yang terjadi di siang benderang.

Keberhasilan Annabelle di antaranya juga keinginan pembuat film mengurangi adegan-adegan di luar nalar. Teror iblis terjadi tak peduli di terang atau di saat gelap. Begitu juga soal adegan-adegan kecil yang kerap jadi olok-olok penonton, ‘kalau kamarnya gelap, nyalakan saja lampunya, pencet saklarnya. Selesei’. Pembuat Annabelle menghapus rasa jengkel adegan-adegan klise tersebut. Bahkan untuk salib sebagai simbol pengusir iblis juga simbol keimanan pun dibuat tak berdaya menghadapi kekuatan iblis.

Annabelle: Creation menjadi prekuel awal terjadinya aksi teror iblis melalui medium boneka. Keluarga Mullins dikenal sebagai pembuat boneka. Samuel memenuhi pesanan boneka khusus buat para warga. Sepulang dari gereja, bencana menimpa pasangan Samuel dan Esther. Anak semata wayang mereka, Annabelle, tewas ditabrak mobil. Untuk mengenang sang putri, Samuel membuat boneka Annabelle.

Godaan ingin bertemu kembali sang putri, Samuel dan Esther membiarkan roh bersemayam di dalam boneka. Awalnya membahagiakan, sebelum akhirnya berubah menjadi teror mengerikan. Boneka Annabelle akhirnya dikurung di kamar, disimpan di dalam lemari dengan dinding ditempel sobekan-sobekan firman dalam bibel.

Bertahun-tahun kemudian keluarga Mullins membuka diri. Mereka mengizinkan enam anak yatim bersama Suster Charlotte tinggal bersama mereka. Awalnya membahagiakan mendengar suara anak-anak di dalam rumah, sebelum semuanya berubah menjadi teror. Boneka Annabelle dikeluarkan dari tempat penyimpanan oleh anak-anak. Iblis pun mencari korbannya.

(Sinemata/*)

Sutradara: David F. Sandberg

Pemain:

Anthony LaPaglia (Samuel Mullins), Samara Lee (Bee), Miranda Otto (Esther Mullins), Brad Greenquist  (Victor Palmeri), Lulu Wilson  (Linda), Talitha Eliana Bateman  (Janice), Stephanie Sigman (Sister Charlotte), Mark Bramhall (Father Massey), Grace Fulton  (Carol), Philippa Coulthard  (Nancy), Tayler Buck  (Kate)

TRIVIA

JEPANG dikenal memiliki film dengan sekuel terpanjang atau episode-nya. Franchise flm Godzilla (1954-sekarang) dibuat hingga 32 judul. Zatoichi, kisah fiksi jagoan pedang buta dan seorang pemijat, dibuat 26 judul di rentang tahun 1962-1989). Tora-San (1959), film franchise ini diproduksi sebanyak 28 judul hingga tahun 2003. Bahkan disebutkan, franchise Tora-San dibuat sampai 47 judul.