SINEREVIEW

Sep 15 2017 by arwuda

Gerbang Neraka: Petualangan, Sains, Klenik dan Situs Purbakala

Lagi-lagi Rizal Mantovani menyutradarai genre horor. Memang sudah tidak diragukan lagi film garapan Rizal. Sebut saja Jelangkung, Kuntilanak dan Jailangkung yang  sukses box office. Di karya terbarunya Gerbang Neraka, Rizal menyuguhkan horor rasa adventure thriller, plus misteri.

“Saya senang jika membuat film horor yang tempatnya benar-benar ada. Ditambah dengan suasana fantasi dan ada conspiracy theory.” ujar sutradara 50 tahun ini.

Jadi, Gerbang Neraka terinsipirasi dari true event. Sebuah penemuan situs purbakala piramid Gunung Padang, yang kemudian diramu sedemikian rupa menjadi cerita fiksi tentang piramid tersebut. Robert Ronny selaku produser dan penulis mengatakan, Gerbang merupakan project spesial dari Legacy. Selain cerita yang kuat, CGI film ini juga tidak main-main. Robert juga memilih pemeran yang mempuni.

Julie Estelle, pemeran dokter Arni, arkeolog yang ingin mengungkap misteri Gunung Padang dengan pendekatan sains. Reza Rahardian memerankan Tomo, seorang wartawan majalah mistis yang sebenarnya tidak percaya dengan hal-hal mistis, namun ia sangat kritis.

Dwi Sasono memerankan Guntur Samudra. Ia spiritualis atau bisa disebut sebagau dukun. Ketika Dwi ditawarkan memerankan Guntur, ia tidak berpikir dua kali untuk menerimanya. Karena itu menjadi tantangan tersendiri buat pemain sitkom ‘Tetangga Masa Gitu’.

Ketiganya ingin mengungkap mister Piramida Gunung Padang. Arni awalnya menolak kehadiran serta bantuan Tomo maupun Guntur. Arni yang semula menolak berbau klenik akhirnya harus mengakui bahwa terlalu banyak kejadian mistis di situs purbakala Gunung Padang. Mereka bertiga bekerja sama untuk memenjarakan kekuatan kuno yang bisa menghancurkan dunia. Petualangan ketiganya menjadi cerita utama mengungkap misteri horor situs purbakala ini.

Menarik memang, nikmati saja cerita filmnya, bagusnya akting aktor-aktornya juga misteri yang bakal diungkap. Tanpa perlu membandingkan-bandingkan dengan Hollywood, seberapa meyakinkan efek animasi komputer (CGI) mendukung cerita itu juga penting. Demi kenikmatan menonton film Gerbang Neraka ini.  

Gerbang Neraka bisa disaksikan mulai tanggal 20 September 2017 di bioskop kesayangan Anda! (Sinemata / DN)

Sutradara: Rizal Mantovani

Produser & Penulis: Robert Ronny

Pemain: Julie Estelle, Reza Rahardian, Dwi Sasono, Ray Sahetapy, Lukman Sardi, Khiva Iskak, Puy Brahmanthya, dan aktris cilik Ayasha Putri.

TRIVIA

Academy Awards merupakan penghargaan perfilman paling bergengsi. Tayangan malam puncak Piala Oscar dinikmati jutaan penonton TV seluruh dunia. Tapi apakah ada hadiah uang diberikan kepada pemenang/nominee? Besarnya tergantung sponsor yang mau mengisi goodie bag. Tahun lalu nilainya sekitar Rp 50 juta, berupa voucer hotel sampai produk elektronik. Piala Oscar sendiri nilai produksinya hanya sekitar Rp 5 juta.