SINEREVIEW

Oct 05 2017 by arwuda

Wolf Warrior 2 : Satu Lagi Bukti Dahsyatnya Penonton China!

CHINA tidak bosan-bosannya menggegerkan dunia lewat karya-karyanya di industri perfilman. Hebatnya lagi, banyak dari film-film China berhasil mengkukuhkan tempat di box office dunia. Bahkan beberapa film raksasa produksi Hollywood terlewati dalam meraup duit.

Beberapa film China yang mendunia dan mendapatkan banyak apresiasi di antaranya adalah The Monkey King, From Vegas to Macau III, Kungfu Panda 3, The Mermaid, Saving Mr. Wu, Port of Call dan Enter the Dragon. Sebagian besar merupakan film laga, plus ‘kehebohan’ animasi komputer grafis. Unik juga penonton film di China begitu menyukai film-film fantasi yang mengumbar dukungan computer graphics imagery (CGI). Meski sering dicela garapan CGI mereka, sering ‘ancur-mine’ nyatanya penonton China tetap gandrung sama produksi mereka.

Salah satu film Tiongkok yang menjadi mega-hit 2017 ini adalah Wolf Warrior 2. Wolf mampu bertengger di nomor 55 untuk film dunia yang sukses sepanjang masa. Namun ia berada di nomor 2 untuk film yang beredar  dan sukses di satu wilayah saja. Wolf Warrior 2 mencetak pendapatan lebih dari 800 juta USD di hanya untuk wilayah edar di China. Hanya bisa tersaingi film Star Wars: Force Awaken yang meraup 936 juta USD di wilayah edar Amerika Utara.

Wolf Warrior 2 total meraup 870 juta USD – setara Rp 11,3 triliun -- dari wilayah edar seluruh dunia. Untuk film bertema drama laga perang, hasil yang diraih Wolf memang luar biasa. Untuk film yang mengunggulkan nilai-nilai nasionalis – ada yang menyebut ultra-nasionalis – Wolf Warrior 2 dianggap fantastis!

Fantastis-nya pemasukan Wolf Warrior 2, sebenarnya membuka mata dunia, bahwa potensi penonton di China memang super-fantastis.

Film yang dibintangi sekaligus disutradarai oleh sineas Wu Jing ini berkisah tentang prajurit Tiongkok bernama Leng Feng. Ia punya misi khusus di Afrika. Leng Feng  diberi misi menjaga pekerja medis dari teror para pemberontak lokal. Juga menghadapi ulah para pedagang senjata api yang kejam.

Selain Wu Jing, film laga berdurasi 2 jam ini juga diperani aktor Hollywood Frank Grillo dan Celina Jade. Bintang Tiongkok lain: Hans Zhang dan Wu Gang. Hingga sekarang. Per September 2017, dilansir Mojo, Wolf Warrior 2 menempati posisi kelima di bawah Beauty and the Beast, The Fate of the Furious, Despicable Me dan Guardians of the Galaxy Vol. 2 untuk peredaran dunia. Dahsyat!

(Sinemata / Ron)

TRIVIA

JEPANG dikenal memiliki film dengan sekuel terpanjang atau episode-nya. Franchise flm Godzilla (1954-sekarang) dibuat hingga 32 judul. Zatoichi, kisah fiksi jagoan pedang buta dan seorang pemijat, dibuat 26 judul di rentang tahun 1962-1989). Tora-San (1959), film franchise ini diproduksi sebanyak 28 judul hingga tahun 2003. Bahkan disebutkan, franchise Tora-San dibuat sampai 47 judul.