SINEREVIEW

Oct 18 2017 by arwuda

Sepuluh Film Remaja (2): Box Office Berkat Novel Populer

SEPULUH film terbaik untuk generasi milenial dipilih berdasarkan rating terbaik dan hasil penjualan terbesar. Film-film ini digemari juga karena mampu menghibur, menarik dan secara kualitas memang berkelas.

Pilihan atas sepuluh film juga berdasarkan pencapaian box office. Terpenting lagi adalah bahwa kesepuluh film ini diangkat ke layar lebar berdasarkan novel laris. Word to mouth dari pembaca novel mampu mendorong penonton yang belum membaca novel. Word to mouth pula yang mendongkrak penjualan kesepuluh film box office ini.

Bahkan sampai dibuat sekuel dan franchise kesepuluh film ini, menjadi bukti bahwa keberhasilan komersial satu film dinikmati pembuat film. Dibuat seri dari film-film sukses juga melahirkan para die-harder yang begitu fanatik menanti lanjutan atau cerita prekuel, reboot, remake versi cerita yang sama.

Berikut kesepuluh film sukses yang diangkat dari novel dan besarnya pendapatan box office yang dihasilkan film-film berikut:

  1. Harry Potter (Series)

Semua film yang di adaptasi dari novel fantasi milik J.K. Rowling ini merupakan  benchmark bagi semua film yang diadaptasi dari buku. Pada tahun 2015, seri film Harry Potter merupakan franchise film terlaris ke-4 meraih sampai $7.7 bilyar di seluruh dunia.

  1. The Perks Of Being A Wallflower (2012)

Difilmkan di Pittsburgh, Pennsylvania, film ini dirilis pada 21 September 2012, mendapat tanggapan kritis dan sukses komersial yang positif, menghasilkan $ 33,4 juta dengan anggaran sebesar $ 13 juta. Film ini terkena rilis terbatas dari empat bioskop di Amerika Serikat pada tanggal 21 September 2012, dan meraup $ 228.359 pada akhir pekan pembukaan yang terbatas, meraih rata-rata $ 57,089 per teater.

  1. The Hunger Games (Series)

Seri film Hunger Games adalah seri film terlaris kedua setelah seri Harry Potter, menghasilkan lebih dari $ 1,4 miliar. Di seluruh dunia, ini adalah seri film terlaris mencapai pendapatan kotor lebih dari $ 2,9 miliar. Film ini sukses besar di box office dengan meraup lebih dari $ 694 juta di seluruh dunia melawan anggaran sebesar $ 78 juta, menjadikannya film terlaris ketiga tertinggi di Amerika Serikat dan menduduki posisi tertinggi kesembilan di seluruh dunia 2012. Film ini dirilis di DVD dan Blu-ray Disc pada tanggal 18 Agustus 2012. Dengan 7.434.058 unit terjual, menjadi DVD terlaris tahun 2012.

  1. The Fault In Our Stars (2014)

Film ini merupakan blockbuster, menjadi nomor satu di box office selama akhir pekan pembukaannya, dan menghasilkan lebih dari $ 307 juta di seluruh dunia melawan anggaran sebesar $ 12 juta. Juga memenangkan berbagai jumlah nominasi di Teen Choice Awards 2014, Young Holltwood Awards, 41st People’s Choice Awards dan MTV Movie Awards.

  1. The Mazer Runner (2014)

The Wall Street Journal mengatakan bahwa kritikus menganggap film ini lebih baik daripada kebanyakan adaptasi book-to-film remaja karena "pertunjukan kuat dan suasana misterius dan menyeramkan”. Film ini meraup $ 102.427.862 di Amerika Utara dan lebih dari $ 245,8 juta di wilayah lain dengan jumlah keseluruhan di dunia sebesar $ 348,3 juta. Menurut situs penjualan film Fandango, The Maze Runner adalah penjual terbesar yang menyumbang lebih dari 50% penjualan tiket awal.

  1. Divergent (Series)

Seri pertama, Divergent (2014), meraup lebih dari $ 288 juta di seluruh dunia, sementara yang kedua, Insurgent (2015), menghasilkan lebih dari $ 297 juta di seluruh dunia. Dan Allegiant (2016), mencapai pendapatan $ 179 juta. Tiga film pertama dari seri ini telah meraup lebih dari $ 765 juta di seluruh dunia.

  1. The Giver (2014)

Film ini mulai tayang saat 11 Agustus 2014 dan dirilis di teater Amerika Serikat pada tanggal 15 Agustus 2014, mencapai $ 67 juta dengan anggaran $ 25 juta sehingga menerima nominasi People's Choice Award untuk Favorite Dramatic Movie. Film ini menghasilkan $ 4,7 juta pada hari pembukaannya. Di akhir pekan pembukaannya, film ini meraih sebanyak $ 12,3 juta, meraih peringkat ke-5 di box-office.

  1. Before I Fall (2017)

Film ini tampil perdana di Sundance Film Festival pada tanggal 21 Januari 2017, dan secara teatrikal dirilis pada tanggal 3 Maret 2017 oleh Open Road Films. Film ini mendapat ulasan beragam dari kritikus dan mencapai $ 16 juta di seluruh dunia dari anggaran $ 5 juta. Menurut IndieWire, Before I Fall adalah salah satu film independen terlaris tahun 2017.

  1. The Mortal Instruments: City Of Bones (2014)

City of Bones memperoleh $ 9,3 juta untuk akhir pekan tiga hari di Amerika Serikat dan $ 18,2 juta di seluruh dunia, memulai debutnya di tempat # 3 sebagai pelepasan peringkat tertinggi. Untuk total kumulatif lima hari, film ini meraih $ 14.088.359 di A.S. dan $ 23.188.359 di seluruh dunia, menempatkannya di bawah perkiraan Variety seharga $ 18 juta,The Hollywood Reporter seharga $ 15 juta, dan Sony sendiri yang memperkirakan $ 15 juta.

  1. Vampire Academy (2014)

Walaupun film ini dikritik negatif dan tidak mendapatkan untung dengan pengeluaran anggaran $ 30 juta, film ini masih merupakan salah satu film beradaptasi novel remaja yang mendapatkan rating cukup tinggi dari imDb.

Wajar kiranya, fenomena novel sukses diangkat ke layar lebar ini juga menjangkiti pembuat film Indonesia. Nyatanya, hasil yang sama juga dirasakan rumah produksi dan pembuat film. Keberhasilan juga dinikmati penulis novel yang diangkat ke layar lebar. Royalti novel yang diproduksi menjadi film, pun jauh melewati royalty yang diterima penulis dari penjualan novel.

So, buat penulis novel, ingat bahwa peluang novel makin popular jika difilmkan sangat terbuka lebar. Begitu banyak rumah produksi mencari novel menarik, berkelas dan best-seller. Namun sangat sedikit novel best-seller yang mampu melahirkan pembaca fanatik. Bukan begitu?

(Sinemata/ BLA)

Sumber: IMDB