SINEREVIEW

Nov 09 2017 by arwuda

Gong Shou Dao: Menyambut Kembalinya Jet Li dari Sakit Lima Tahun

sumber gambar: jetli.com

KABAR Jet Li terserang penyakit kelumpuhan – juga hipertiroid -- memang benar. Namun pengobatan China memberinya kesembuhan. Tidak total sembuh, namun Jet Li masih sanggup berkarya dan melahirkan film pendek berjudul Gong Shou Dao.

Jet Li bertindak sebagai produser dan sutradara. Ia kumpulkan semua orang-orang terbaik yang pernah bekerja sama dengannya. Mereka-mereka yang memiliki kemampuan seni beladiri China, seperti Kungfu, Tai Chi dan seni bela diri lainnya. Ia membuat film pendek ini juga demi menghormati budaya China dan seni beladiri yang telah membesarkan namanya. Termasuk guru besar beladiri China, Master Wu Bin.

Gong Shou Dao begitu istimewa, para master olah raga beladiri terlibat tanpa dibayar. Di antara mereka terdapat nama-nama seperti Yuen Woo PingSammo HungTony ChingDonnie YenWu JingTony JaaShiming ZouAsash?ry? AkinorJacky Heung dan Natasha Liu Bordizzo. Tiga nama pertama, merupakan koreografer China-Hong Kong yang kini mendunia. Sammo Hung, Yuen Woo Ping dan Tony Ching sangat popular di Hollywood.

Yang unik dari film pendek ini adalah keterlibatan Jack Ma. Taipan atau konglomerat grup Alibaba ini, juga menyediakan diri terlibat dalam pembuatan film. Bahkan menurut Jet Li, ide pembuatan film pendek ini, sudah digagas sejak 10 tahun lalu. Dan Jack Ma mendukung cita-cita Jet Li mewujudkan produksi film pendek yang bisa jadi warisan dunia ini.

Jack Ma terlibat juga bukan karena ia konglomerat. Jack Ma menguasai Tai Chi. Itu sebabnya, ia antusias mendukung proyek sahabatnya ini. Jack Ma pula yang merancang peredaran film pendek ini di kanal Youku. Gong Shou Dao bisa dinikmati di kanal video seperti Youtube mulai 11 November 2017.

Penampilan kembali Jet Li termasuk mengejutkan. Selama lima tahun ia vakum dari dunia hiburan, juga tampil di depan public. Jet Li memilih menyembuhkan diri. Dan tiba-tiba ia hadir dengan film pendek Gong Shou Dao, menjadi kejutan terbesar bagi penggemarnya. “Boleh dikata film pendek ini merupakan proyek rahasia. Tak banyak orang yang tahu. Seperti halnya aku menyembunyikan sakitku dari sorotan public. Terima kasih sudah mendukung dan memberi semangat selama ini,” ucapnya pendek saat tampil di depan media.

Sangat menarik seperti apa film pendek Gong Shou Dao, banyak yang penasaran. Dan sudah bisa dipastikan begitu dirilis 11 november ini, kanal Youku bakal kebanjiran penonton, mengingat Youku sendiri merupakan kanal video nomor satu di China.

(Sinemata/ BLA)

TRIVIA

JAMES Bond 007 menjadi franchise dengan seri terpanjang. Sejak Dr No (1962) hingga Spectre (2015), sudah 24 judul diproduksi. The Land Before Time dibuat 13 judul. Friday The 13th sebanyak 12 judul, Star Trek 10 judul. Star Wars direncanakan dibuat Sembilan judul, plus spin off cerita. Halloween sudah dibuat 10 judul.