WONDER: Menghargai Perbedaan Itu Penting

WONDER: Menghargai Perbedaan Itu Penting

Akhir tahun identik dengan film keluarga, setelah muncul Daddy’s Home 2 untuk menemani suasana Natal tahun ini. Satu lagi release film keluarga yang sangat menyentuh hati para penontonnya. Wonder, film yang diangkat dari novel yang berjudul sama dari penulis R.J. Palacio disutradarai oleh Stephen Chbosky. Dan diperankan oleh aktris hollywood yang sudah meraih banyak penghargaan, yaitu Julia Roberts. Sang “Superhero” sendiri diperankan oleh Jacob Tremblay.

Dikisahkan Auggie Pullman (Jacob Tremblay), seorang anak yang lahir dengan kelainan di wajahnya. Dokter menyebutnya Mandibulofacial Dysostosis. Orang tua Auggie (Julia Roberts dan Owen Wilson) memutuskan untuk menjalankan operasi guna memperbaiki wajah anak kesayangannya tersebut. Pasca operasi plastik yang dijalaninya, Auggie merasa tidak percaya diri dengan apa yang terjadi pada wajahnya. Ia merasa menjadi orang dengan muka terburuk se dunia. Dan menggunakan helm luar angkasa setiap waktu. Tidak terasa Auggie sudah beranjak dewasa dan kedua orang tuanya memutuskan untuk menyekolahkan Auggie di Beecher Prep, sebuah sekolah swasta. Setelah sebelumnya Auggie belajar di rumah dengan metode homeschooling.

Auggie yang harus bertahan dari semua ejekan teman-temannya di sekolah akhirnya mengeluhkan hal tersebut kepada kedua orang tuanya. Namun Isabel (Julia Roberts) selaku ibunya berhasil menguatkan hati Auggie untuk jangan mendengarkan semua ocehan temannya. Dan kakaknya Via (Izabela Vidovic) yang juga mengalami krisis kasih sayang. Via merasa kasih sayang kedua orang tuanya hanya untuk Auggie adiknya. Kendati hal tersebut, Via tidak pernah mengeluhkan kalau ia mempunyai adik yang berwajah buruk, karena Via lah yang menginkan seorang adik laki-laki ketika ia berumur empat tahun.

Film ini mengajarkan kepada kita, bahwa kita terlahir tidak ada yang sempurna. Tapi dari semua kekurangan yang kita miliki, pasti ada satu kelebihan yang membuat kita bertahan. Auggie yang memiliki kekurangan di wajahnya, ia mampu bertahan di sekolahnya dan memiliki banyak teman karena sifatnya yang baik. Emosi penonton diaduk oleh sifat Auggie, tidak sedikit penonton yang meneteskan airmatanya. Tidak Cuma melihat perspektif dari Auggie, tapi sang penulis skenario Jack Thorne, Steve Conrad dan Stephen Chbosky juga membuat perspektif dari karakter yang lainnya. Ajak kaluaga Anda untuk menonton film bagus ini untuk mengisi liburan sekolah. Saksikan Wonder di bioskop kesayangan Anda. Dan jangan lupa, siapkan tissue, ya. (Sinemata/DN)

--

Pemeran: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic, Bryce Gheisar

Sutradara: Stephen Chbosky

Diadaptasi dari novel: Wonder¸karya R.J. Palacio

Tags