SINEREVIEW

Jan 12 2018 by arwuda

The Commuter: Mister Uzur yang Sukses Bikin Deg-degan

SEPERTINYA kurang lengkap rasanya menyaksikan seorang  Liam Neeson main di film tanpa adu jotos. Setuju? Lewat film terbarunya The Commuter, Neeson kembali memberi hiburan menegangkan buat penggemarnya.

The Commuter juga menandai kerja sama Neeson dengan sutradara Jaume Collet-Serra untuk keempat kalinya. Sebelumnya tercatat film-film berjudul Unknown (2011), Non-Stop (2014), dan Run All Night (2015). Menyaksikan trailer The Commuter, sesungguhnya mirip film garapan Kenneth Branagh, Murder On The Orient Express. Meskipun kalau diibaratkan setting kejadian di kereta yang sedang berjalan, di film The Commuter adalah para jelata pengguna angkutan masal. Sementara Murder adalah pembunuhan di gerbong kereta buat kalangan bangsawan. Namun premisnya sama: memecahkan kasus di kereta!

Dalam film ini, Liam beradu akting dengan Vera Farmiga, Sam Neill, Elizabeth McGovern, Jonathan Banks dan Patrick Wilson.

Adalah Michael McCauley (Liam Neeson). Seorang ayah sekaligus  suami yang harus banting tulang selama 10 tahun untuk menafkahi keluarga tercintanya. Ia rela pulang-pergi naik kereta setiap hari, sampai ia hafal wajah penumpang di kereta yang ia tumpangi.

Pada suatu pagi, McCauley dipecat dari pekerjaannya tanpa alasan jelas. Ia tidak tahu bilang apa pada sang istri. Saat diperjalanan pulang, di  kereta ia bertemu Joanna (Vera Farmiga), seorang psikolog misterius yang memberikan pertanyaan aneh kepadanya. “What kind of person are you?”

Untuk menjawab pertanyaan Joanna, McClauley harus menemukan seseorang yang bernama Prynne di dalam komuter serta menemukan tas yang dibawanya. Jika tidak, maka keluarganya akan dibunuh. So mulailah ketegangan dan petualangan sang jagoan memecahkan masalah di atas kereta yang melaju kencang.

The Commuter akan membuat penonton enggan  beranjak dari kursi. Ada sejumlah pemahaman cerita yang harus diperhatikan betul. Apabila terlewat, bisa-bisa alur cerita terputus dan tak nyambung dalam pikiran penonton.

Tapi overall, The Commuter bisa jadi pembuka film awal tahun yang menarik. The Commuter mulai tayang pada 11 Januari 2018.

(Sinemata / DN)

Sutradara: Jaume Collet-Serra

Produser: Andrew Rona, Alex Heineman

Pemeran: Liam Neeson, Vera Farmiga, Sam Neill, Elizabeth McGovern, Jonathan Banks dan Patrick Wilson

TRIVIA

PERFILMAN Indonesia pernah memiliki the Big Five. Lima bintang film yang sangat popular. Lima aktor dengan bayaran tertinggi, pun menguasai peran di berbagai judul film. Mereka adalah Roy Marten, Yati Octavia, Dorris Callabaut, Robby Sugara, Yenny Rachman. Di tahun 1977 misalnya, Roy Marten dalam setahun bisa bermain di 11 judul. The Big Five menerima honor yang sama sebesar Rp 5 juta.