SINEREVIEW

Mar 12 2018 by arwuda

Red Sparrow: Asyiknya Kelindan Cerita Seks-spionase

TIDAK saja penyuka cerita spionase yang tergila-gila dengan Red Sparrow. Penonton awam pun bakal menyukai karya sutradara Francis Lawrence ini. Kelindan cerita hingga twist cerita begitu menawan. Story-telling Red Sparrow terbilang bikin betah penonton, meski berdurasi 140 menit. Karakter Dominika Egorova langsung populer berkat tampilan Jennifer Lawrence. 

Red Sparrow awalnya memang lambat. Bagian awal ini yang tidak disuka kritikus dan menjadikan Red Sparrow terjerembab urusan disuka-tidaknya. Sepertiga film yang bertutur tentang kegigihan pebalet Dominika Egorova tidak terlalu menarik, dan makin membosankan dengan dialog berpanjang-panjang. Namun setelah Dominika direkrut sebagai agen mata-mata, Red Sparrow menawan dalam mengemas cerita.

Yang mengurangi nilai filmis Red Sparrow lainnya adalah adegan kekerasan yang dihadirkan. Mungkin bikin ‘ngilu’ yang tak tahan adegan kekerasan dan adu jotos frontal dan tanpa belas kasihan. Khas thriller film spy. Berikutnya yang banyak dikomentari penonton tentunya sosok Dominika Egorova. Tokoh Egorova, ibarat bandul bergerak ke sisi hitam maupun putih.

Red Sparrow adalah julukan untuk agen rahasia perempuan yang dilatih meruntuhkan iman lawan jenis mereka tanpa kenal ampun. Itu sebabnya mereka dilatih untuk mematikan emosi dan perasaan. Daya pikat seksual menjadi kekuatan mereka. Sebelum akhirnya korban pasrah dan menyerahkan rahasia negara sekalipun. Dominika Egorova digambarkan memiliki daya pikat keseksian dan kemampuan mematikan emosi, sehingga lawan maupun kawan tidak pernah tahu setiap rencananya.

Dominika Egorova masuk menjadi agen khusus Red Sparrow ini setelah mengalami kecelakaan dalam pentas balet. Pilihannya, ia harus meninggalkan apartemen negara yang ia huni bersama sang ibu yang sakit-sakitan atau tetap menikmati fasilitas negara dengan menjadi agen rahasia. Sang paman yang menajdi wakil staf khusus dinas intelijen Rusia, menjadi perantara. Ia pula yang sesungguhnya menjebak sang keponakan masuk menjadi Red Sparrow.

Misi Egorova mencuri informasi dari agen CIA, Nate Nash, juga orang-orang kedutaan Amerika yang menjadi pengkhianat bagi negeri mereka. Termasuk orang-orang Rusia bermain sebagai agen ganda. Dominika Egorova menjalankan misi dengan segala risiko, termasuk nyawanya dan hidup ibunya. Tidak terkecuali cintanya terhadap Nate Nash.

(Sinemata/ *)

Sutradara: Francis Lawrence

Pemain: Jennifer Lawrence (Dominika Egorova), Joel Edgerton (Nate Nash), Matthias Schoenaerts (Vanya Egorov), Charlotte Rampling (Matron), Mary-Louise Parker (Stephanie Boucher), Ciarán Hinds (Zakharov), Joely Richardson (Nina Egorova)