SINEREVIEW

Apr 11 2018 by arwuda

Baaghi 2: Lebay, Twist Akhir Tak Terduga, Menghibur!

BAAGHI 2 menjadi film box office di peredaran hari ke-10 dengan mengumpulkan 135 Crore atau setara Rp 270 miliar. Baaghi juga bersiap masuk ke liga film dengan pendapatan 150 Crore atau Rp 300 miliar. Pendapapatan yang sangat besar untuk film drama laga berbujet di bawah Rp 100 miliar. Seberapa menarik Baaghi yang artinya ‘pemberontak’ sampai dibuat sekuel kedua.

Baaghi 2 termasuk unik, sekuel pertama menghasilkan pendapatan sebesar 126 Crore atau Rp 260 miliar. Sekuel kedua meraup pendapatan lebih besar dari sekuel pertama termasuk sangat jarang terjadi. Film sekuel kedua biasanya kerap flop. Namun Baaghi 2 justru menangguk untung besar. Bagi yang menyukai lebay-nya film India memang capaian film ini sudah bisa diperkirakan. Padahal cerita film seperti Baaghi bukan hal yang baru. Banyak cerita film India seperti Baaghi 2.

Bagi penyuka film-film laga, Baaghi 2 bisa memenuhi hasrat kepuasan menyaksikan separuh film adalah adegan perkelahian. Berlebihan atau overdosis memang iya, tapi menyaksikan aksi laga mulai perkelahian tangan kosong sampai penggunaan senjata api, sangatlah menghibur. Baaghi 2 juga menawarkan secuil misteri cerita tentang teka-teki hilangnya seorang anak. Barangkali Baaghi 2 juga dianggap memenuhi rasa ingin tahu dengan ending twist yang cukup mengejutkan. Ini salah satu bagian yang disuka penoton. (Biar tidak spoiler ditonton saja di bioskop)

Baaghi 2 juga memenuhi hasrat penyuka film yang menyentuh jiwa-jiwa nasionalisme. Jagoan Baaghi – perwira Ronnie – adalah anggota pasukan khusus yang bertugas di wilayah Kashmir. Ronnie digambarkan atasannya sebagai satu tentara yang sanggup menggantikan satu pasukan tentara. Belum lagi urusan daya tahan tubuh Ronnie yang digambarkan sanggup menerjang badai dan melintasi pegunungan Kashmir sepanjang puluhan kilometer. Jadi kalaupun tubuhnya disiksa dan dihajar polisi tak menyisakan luka apapun. Para polisi-nya yang pada bonyok.

Baaghi 2 juga menjadi salah satu fenomena film pemujaan terhadap negara. Lebih dari sekadar propaganda. Orang-orang perfilman menyebutnya film ultra-nasionalisme. Film yang membangkitkan pemujaan terhadap negara. Di China, film a la Rambo begini terbukti sukses. Wolf Warrior dan sekuelnya, Wolf Warrior 2, jadi film box office. Yang mutakhir tentunya film Operation Red Sea yang mampu menghasilkan 568 juta dolar atau setara Rp 7,66 triliun. Luar biasa fantastis untuk film yang bercerita tentang pembebasan sandera pembajakan kapal di tanduk Afrika.

Baaghi 2 bercerita tentang Ronnie yang sudah berpisah dengan kekasihnya, Neha. Padahal mereka sudah berjanji sehidup semati. Ayah Neha tak merestui hubungan keduanya. Neha dijodohkan. Dan Ronnie masuk dinas militer.

Keduanya bertemu kembali dalam situasi penuh tanda tanya. Neha meminta Ronnie menemuinya. Ia kehilangan putrinya. Putrinya diculik. Ronnie saat pacaran sudah berjanji takkan membiarkan Neha disakiti oleh siapapun, kini bersedih kehilangan putrinya. Celakanya, semua orang mengatakan bahwa penculikan putri Neha adalah ilusi seorang perempuan yang putus asa karena tidak punya keturunan. Suami Neha, tetangga apartemen, ipar Neha, sampai sekolah, tak pernah mengakui Neha punya putri dan terjadi peristiwa penculikan.

Kasus yang awalnya sederhana berubah menjadi problem besar bagi Ronnie. Ronnie bertindak terlalu jauh. Berhadapan dengan polisi, kawanan gangster sampai satu pasukan pembunuh bayaran dan para god-father narkoba. Jadilah Ronnie, seperti yang dikatakan komandannya, satu tentara yang mewakili satu pasukan.

(Sinemata/ *)

Sutradara: Ahmed Khan

Pemain: Tiger Shroff (Ranveer Pratap Singh – Ronnie), Disha Patani (Neha), Prateik Babbar (Sunny), Manoj Bajpayee (Shergill), Darshan Kumar (Shekar), Randeep Hooda (ACP LSD), Deepak Dobriyal (Usman Langda)

Durasi: 145 menit

TRIVIA

FILM Pengantin Remaja (1971) mempertemukan Widyawati dan Sophan Sopiaan. Keduanya memerankan tokoh Romi dan Yuli. Di film itu pula keduanya saling jatuh hati dan menikah pada 9 Juli 1972.