SINEREVIEW

Jan 07 2019 by sinematapost

Aquaman: Maskulinitas dan Mitologi Menakjubkan!

KEBANYAKAN film pahlawan super membawa kita ke luar angkasa, berperang dengan makhluk dari galaksi lain. Namun Aquaman, yang dirilis pada 7 Desember 2018 ini menyuguhkan sebuah gagasan cerita yang menarik. Cerita tentang pahlawan super dari kerajaan samudera di Atlantis dan tampilan visual yang sangat memanjakan mata. Sama halnya dengan film pahlawan super jebolan DC Comics dan Warner Bros lainnya, Wonder Woman, yang diperankan sosok yang ‘wow’ (Gal Gadot). Tokoh utama Aquaman, Arthur Curry juga diperankan seorang yang ‘wow’ yaitu Jason Momoa. Tidak hanya terkesan maskulin juga bertato indah, Jason Momoa juga tampil apik di film Aquaman. 

Tidak seperti film pahlawan super lainnya, James Wan sebagai sutradara berusaha menggali kehidupan masa lalu dan latar belakang dari Arthur Curry. Bahkan ada scene yang menceritakan sekilas kisah sebelum Arthur Curry dilahirkan. James Wan juga mencoba untuk beradaptasi dengan alur cerita Aquaman dari penulis David Leslie Johnson dan Will Beall yang maju mundur. Ia sendiri tidak biasa menyutradarai sebuah film dengan alur maju mundur. Film-film karyanya seperti The Conjuring dan Furious 7 sangat sukses dengan alur maju.

Banyak hal-hal detail yang sebenarnya penting tetapi hanya sedikit ditampilkan di film, seperti masa kecil Arthur Curry. Cara menyelipkan alur maju mundur Aquaman juga terasa melompat-lompat. Penonton baru akan mulai merasa nyaman dan mengikuti film setelah sekitar satu jam. Ketika film tidak lagi menggunakan alur maju mundur. Ceritanya mulai jelas, dibangun halus dan mudah dimengerti penonton. Para penonton yang mencintai cerita mitologi yang kental khususnya Atlantis, akan sangat senang menyaksikan Aquaman.

Aquaman juga mempunyai gagasan bahwa tidak selamanya kita harus melawan kekerasan dengan kekerasan. Banyak upaya pencegahan peperangan antara darat dan laut yang berhasil karena memutar otak. Namun memang tidak selamanya pertempuran bisa dihindari. Pertarungan yang terjadi justru menjadi salah satu daya tarik film Aquaman karena tampil dengan efek visual mengagumkan. Kesimpulannya, Aquaman akan memanjakan mata dengan visual yang luar biasa dan cerita yang cukup menarik untuk ditonton dengan keluarga ataupun teman. Apakah kamu sudah menonton Aquaman? Jangan hanya melihat meme-nya di internet ya!

(AAD/Sinemata)

Sutradara: James Wan

Pemain: Jason Momoa, Amber Heard, Willem Dafoe, Patrick Wilson, Dolph Lundgren, Yahya Abdul-Mateen II, Nicole Kidman

TRIVIA

Festival Film Indonesia (FFI) 1986 mencatat sejarah kehebatan Teguh Karya saat menyutradarai film Ibunda. Film ini meraih 9 Piala Citra, penghargaan terbanyak yang pernah diraih film Indonesia