A Private War: Kisah Tragis Sang Pahlawan Berpena

Film-film yang diangkat dari kisah nyata biasanya mengangkat kisah-kisah inspiratif, perjalanan hidup seseorang, pencapaiannya maupun kisah tragisnya. Dalam film A Private War, kisah inspiratif, perjalanan hidup dan pencapaian seseorang semuanya dicampur aduk, tidak terkecuali sisi tragis namun heroic-nya. Berkisah mengenai seorang jurnalis perang, Marie Colvin yang harus meregang nyawa di Pengepungan Homs, Suriah.

Sebagai jurnalis perang, Marie Colvin harus mengalami banyak hal yang membuatnya trauma baik fisik maupun psikologis. Trauma fisik yang paling terlihat adalah mata sebelah kirinya yang harus ditutupi seperti seorang bajak laut karena terkena bom. Trauma psikologisnya juga cukup tergambar dalam film A Private War, dimana Marie terkadang teringat momen-momen mengerikan saat meliput perang di Timur Tengah. Bekas luka psikologis yang sulit hilang tersebut bertambah parah karena Marie Colvin merupakan seorang perokok dan peminum alkohol berat.

Marie Colvin, bagaimanapun merupakan seorang yang idealis. Semua yang ia lakukan adalah hal-hal yang ia anggap benar. Ia melakukan semua itu demi satu hal, kemanusiaan. Sebagai seseorang yang telah melihat kejahatan perang di Suriah, ia merasa bertanggung jawab untuk menyebarkan kisah-kisah pilu dari korban perang ke seluruh dunia. Tanpa ia sadari, semua yang ia lakukan hanyalah untuk membela yang tertindas. Bersama dengan fotografer terbaiknya Paul Conroy, Marie Colvin berjuang untuk meliput perang ke lokasi-lokasi yang bukan safe zone. Di sebuah lokasi yang disebut Homs menjadi tempat terakhirnya menghembuskan nafas. Namun sebelum meninggal dunia, ia sempat memberitahu dunia sebuah kenyataan yang bisa memutar balikkan  persepsi dunia.

A Private War menceritakan perjalanan hidup Marie Colvin dengan alur cerita di awal yang cukup acak, namun semuanya dibungkus dengan rapi. Suasana Timur Tengah sejak 90an yang digambarkan juga terasa cukup meyakinkan. Film besutan Matthew Heineman yang dibintangi Rosamund Pike sebagai Marie Colvin dan Jamie Dornan sebagai Paul Conroy ini bisa dibilang salah satu biografi yang mengingatkan kita bahwa bukan hanya humanism yang menggerakan para jurnalis perang, tapi juga bahaya besar yang mereka hadapi ketika ingin memberitahu kita apa yang sebenarnya terjadi.

Pokoknya, salut deh sama A Private War. Kita hargai terus perjuangan para jurnalis ya Cinegoers!

(Sinemata/AAD)

Sutradara: Matthew Heineman

Pemain: Rosamund Pike, Jamie Dornan, Stanley Tucci, Tom Hollander, Fady Elsayed

 

 

Tags