Matianak: Bukan Lagi Kejutan, Penonton Sudah Kebal

Matianak, film horor karya Derby Romero dirilis 28 Maret yang lalu. Membawa Cinta Laura sebagai pemeran utama tidak menjanjikan film ini banyak ditonton. Namun jumlah penontonnya cukup lumayan, tercatat ada 31.000 lebih penonton hanya dalam empat hari penayangannya.

Mengangkat tema awal 90an, Matianak berkisah mengenai Ina (Cinta Laura) yang naif, rajin dan berprinsip. Ia tinggal di sebuah panti asuhan yang kekurangan dana untuk menghidupi anak-anak yang tinggal disitu. Anak-anak yatim piatu disana juga cukup merepotkan dengan berbagai kenakalan.

Suatu waktu, Kepala Desa datang ke panti membawa seorang anak laki-laki pendiam bernama Andi (Jovarel Callum). Ia merupakan satu-satunya yang selamat, keluarganya dibunuh secara sadis. Walau kekurangan dana, Ina masih menerima Andi.

Hal-hal yang tak lazim banyak terjadi sejak Andi tinggal di panti. Awalnya mereka menerima banyak dana bantuan dari orang-orang asing. Tapi kebahagiaan itu tak berlangsung lama. Mereka juga kedatangan sosok wanita hamil yang menghantui mereka. Kematian demi kematian tak wajar di panti membuat Ina merasa harus melindungi anak-anak asuhannya.

Alur cerita Matianak sebenarnya sudah bisa diterka oleh penonton di trailernya. Ketika alur cerita sudah banyak sekali yang seperti ini, penonton film horor Indonesia sudah bisa dibilang ‘kebal’. Penonton film horor Indonesia sudah terlalu sering diterpa film-film horor, dimana setiap tahun pasti ada banyak film-film horor. Seharusnya Matianak bisa lebih membuat banyak kejutan daripada membuat banyak jumpscare. Imunitas dari penonton horor bisa menjadi bumerang bagi para sineas horor.

Sosok Cinta Laura juga sebenarnya tidak cocok dengan karakter Ina. Bukan hanya dari penampilan, namun juga dari pelafalan dialog, interaksi dengan karakter lain dan tidak adanya chemistry dengan tokoh lain. Namun aktingnya cukup baik mengingat ini adalah film horor pertamanya. Semoga sineas-sineas muda yang mencintai film horor bisa mempertimbangkan lagi penampilan dan kesesuaian cast. Menggandeng bintang dengan fans segudang tidak menjamin banyak ditonton.

Kalo kamu gimana Cinegoers? Sudah biasa dengan alur cerita film-film horor yang biasa-biasa saja?

(Sinemata/AAD)

Sutradara: Derby Romero

Pemeran: Cinta Laura, Jovarel Callum

 

 

Tags