Hellboy 3: BaruTahu, Hellboy Keturunan King Arthur

HELLBOY termasuk unik dalam meraih pendapatan. Sangat sedikit sekuel kedua bisa mengalahkan pendapatan bagian pertamanya. Golden Army atau Hellboy 2, bisa meraih hampir dua kali sekuel awal. Barangkali atas dasar ini, Hellboy maju lagi lewat episode The Rise of the Blood Queen.

Hellboy sebenarnya bukanlah superhero dengan karakter menyenangkan. Bayi dari neraka dengan dua tanduk di kepala. Apabila tanduknya memanjang, sifat buruk, jiwa iblis dan karakter jahat Hellboy akan muncul. Itu sebabnya, tanduk hellboy selalu dipotong. Hellboy khas karakter gelap, misterius, seperti jagat karakter jagoan komik Dark Horse. Sebut saja seperti Ghost, Abe Sapien (ada di film Hellboy pertama), The Mask, Barb Wire.

Hellboy jilid tiga banyak perubahan dari tim pembuatnya. Di dua sekuel awal, Guillermo Deltorro mengeksekusi Hellboy menjadi jagoan yang juga romantis. Hellboy juga berhasil dihadirkan lebih manusiawi. Dengan penggarapan yang begitu rapi dan kesan grand untuk menuturkan jagoan dari ‘neraka’ menjadikan garapan Del Torro lebih berkelas dan menarik melakoni petualangan menghajar para iblis.

Penyutradaraan Hellboy 3 diserahkan kepada Neil Marshall. Pemeran utama Hellboy juga diambil alih David Harbour. Sebelumnya, Ron Pearlman menolak bermain sebagai Hellboy atau Anung Un Rama, karena Del Torro tidak menyutradarai film ini. Memang tidak berpengaruh banyak meskipun ada kekhasan penampilan Ron Pearlman saat memerankan Hellboy.

Dari sisi cerita The Rise of the Blood Queen juga tak istimewa, untuk tidak menyebut buruk. Cerita tentang kebangkitan ratu sihir masa lalu yang ingin menguasai dunia dan membangkitkan pasukan neraka, bukanlah cerita baru. Banyak cerita, mengenai kebangkitan kejahatan masa lalu yang ingin membalaskan dendam dan menguasai dunia.

Kali ini, para iblis ingin membangkitkan Nimue the Blood Queen. Nimue gagal menguasai dunia setelah tubuhnya ditebas pedang Excalibur Raja Arthur. Tubuh Nimue dimutilasi dan dipisah-pisahkan penguburannya. Kalau tubuh Nimue tersatukan, ia akan hidup lagi. Apabila Nimue hidup ia akan menguasai dunia dan membunuh seluruh keturunan Raja Arthur. Celakanya, apabila dirunut, Anung Un Rama merupakan keturunan Raja Arthur. Ia adalah Hellboy. Berkat garis darah sebagai keturunan Raja Richard, Hellboy bisa berjumpa penyihir Merlin dan mampu mencabut Excalibur.

Nah kan! Seru?

Tidak juga. Banyak eksekusi adegan yang menjadikan Hellboy 3 tidak menawan dalam menyajikan aksi kepahlawanannya. Hellboy juga tidak menarik dari alur cerita. Terlalu simplifikasi dan tak menghadirkan adegan dramatik yang membuat penonton terkesan. Jadi ya standarlah hasilnya. Bagaimana sales Hellboy 3 dibanding dua sekuel awal, kiranya tidak terlalu istimewa.

(Sinemata/ AMI)

Sutradara: David Harbour

Pemain:

David Harbour (Hellboy), Milla Jovovich (Nimue), Ian McShane (Trevor Bruttenholm), Sasha Lane (Alicia Monaghan), Daniel Dae Kim (Ben Daimio), Thomas Haden Church (Lobster Johnson)

Tags