Long Shot: Bumbu Politik dalam Cinta Penuh Intrik

JIKA kebanyakan film drama komedi mengangkat tema pria dengan pangkat tinggi jatuh cinta pada wanita biasa, tidak untuk film yang satu ini. Long Shot, film garapan Jonathan Levine mengangkat kisah cinta seorang jurnalis yang baru saja dipecat atasannya, Fred Flarsky (Seth Rogen) dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Charlotte Field (Charlize Theron).

Charlotte ingin maju sebagai presiden wanita pertama di Amerika Serikat, maka ia membutuhkan bantuan Fred untuk menuliskan teks pidato disetiap kunjungannya. Semua orang menyukai Charlotte terlebih dengan visi misi penyelamatan lingkungan yang diusungnya. Namun, niat Charlotte ini tidak sama dengan yang diinginkan oleh petinggi Amerika Serikat lainnya.

Film ini menyiratkan wanita sebagai makhluk superpower yang mendobrak patriarki. Charlotte digambarkan sebagai wanita yang dominan, memiliki kemampuan keras, dan cekatan dalam mengambil keputusan. Walaupun Fred lelaki yang memiliki pendirian tinggi, namun tetaplah bosnya adalah Charlotte.

Tidak hanya menyajikan kelucuan dan romantisan belaka, Long Shot juga menyoroti soal sosial politik yang terjadi saat ini. Saat pejabat pun bisa goyah ‘iman’nya oleh tawaran-tawaran oknum tertentu demi mempertahankan posisinya. Apakah kompromi harus dilakukan untuk memperjuangkan isu yang lebih besar? Itu salah satu pertanyaan yang diangkat. Isu penyelamatan lingkungan dan rasisme juga santer dilontarkan sebagai salah satu kritikan terselubung.

Karakter dalam film bisa membuat penonton bersimpati. Hubungan antara karakter, misalnya Charlotte dan Fred juga bisa dipahami. Tidak ujug-ujug terjadi.

Akankah film bernuansa politik, komedi, dan percintaan ini mampu membuat penonton jatuh hati? Film Long Shot sudah bisa disaksikan di bioskop seluruh Indonesia.

(Sinemata/TR)

Sutradara: Jonathan Levine

Pemain: Charlize Theron, Seth Rogen, Jue Diane Raphael, O’Shea Jackson Jr., Ravi Patel

Tags