The 33: Beruntung Masih Ada Yang Meyakini Mereka Hidup

The 33: Beruntung Masih Ada Yang Meyakini Mereka Hidup

BEBERAPA media memberikan rating rata-rata untuk film The 33. Barangkali pemeran-pemeran  film ini yang sudah uzur menjadikan The 33 tidak menarik. Sebut saja Banderas, Jullieta Binoche, Lou Diamond Phillips, James Brolin, sebagai aktor utama yang tidak menarik lagi di layar lebar. Namun sebagai film kisah nyata, The 33 layak diapresiasi. Bahkan di beberapa adegan memperlihatkan bagian memikat dari sebuah film drama tragedi.

Siksaan selama 69 hari bertahan tanpa makanan di kedalaman 700 meter di bawah tanah sungguh mengharukan. Cerita 33 petambang yang berhasil selamat sebenarnya tidak terlalu istimewa, mengingat seluruh dunia sudah tahu, bahwa mereka berhasil diselamatkan. Namun cerita-cerita individu dan relasi mereka dengan tokoh-tokoh yang di atas tanah, memperlihatkan daya pikat sebagai bangunan cerita menawan.

Sebut saja misalnya relasi Maria Segovia dan adiknya, Dario Segovia. Dario nyaris tak mengakui Maria sebagai kakaknya Karena sejak kecil Dario ditinggal pergi sang kakak. Ia harus menghidupi adik-adiknya. Begitu juga cerita Gomez yang sudah merayakan pensiunnya sebagai petambang dan dirayakan seluruh kampung. Atau cerita sang tokoh utama Mario Sepulveda. Ia merasa menyelematkan 32 rekannya dengan kemampuan memimpin mereka dalam pembagian makanan. Mario menganggap, tanpa dirinya mereka sudah mati. Cerita Mario menjadi pemimpin di lubang bawah tanah bahkan sudah dibeli penerbit. Kantung Mario diyakini bakal tebal apabila mereka selamat dari lubang tambang.

The 33 berkisah tentang 33 pekerja tambang di San Jose, Chili. Don Lucho, sebagai mandor dan penyelia pekerja sudah memperingatkan pemilik tambang. Tambang San Jose harus ditutup karena sudah terlalu tua. Bukti-bukti juga memperlihatkan terjadi pergeseran tanah di pegunungan Atacama, tidak stabil dan mengalami pergeseran. Pemilik tambang selalu berdalih bahwa mereka sudah siapkan kondisi darurat apabila ada masalah.

Nyatanya, ketika pertambangan emas dan tembaga runtuh dan mengurung pekerjanya di kedalaman 700 meter, pemilik tambang tidak melakukan apa-apa. Ke-33 petambang dibiarkan saja menghadapi nasibnya. Belum lagi batuan inti gunung sebesar dua kali gedung empire state, siap menghancurkan lokasi perlindungan pekerja. Kepedulian Menteri Pertambangan Chili, Laurence Golborne, dan dukungan presiden Chili, menjadikan banyak negara terlibat dalam proses evakuasi.

Akhir cerita The 33 sudah pasti diketahui seluruh penonton. Bahwa mereka selamat. Ini barangkali tak memberikan efek kejutan. Dukungan alur cerita yang enak dinikmati, menjadikan The 33 sebagai film tetap mampu mengaduk-aduk emosi penontonnya.

(Sinemata/*)

Pemain: Antonio Banderas (Mario), Julietta Binoche (Maria), Lou Diamond Phillips (Don Lucho), James Brolin (Jeff Hart), Rodrigo Santoro (Laurence)

Sutradara: Patricia Riggen

 

Tags