Talak 3 : Ketika Cerai Terucap, Rujuk Pun Jadi Masalah

Talak 3 : Ketika Cerai Terucap, Rujuk Pun Jadi Masalah

APA jadinya kalau kata Talak 3 sudah telanjur terucap? Dalam Islam, jika seorang laki-laki telah mengucapkan talak ketiga berarti mereka resmi bercerai. Jika ingin rujuk maka mantan istri harus menikah dengan orang lain terlebih dahulu. Mereka lalu bercerai, baru bisa kembali rujuk dengan pasangan lamanya.

Kondisi ini dialami Bagas (Vino G. Bastian) dan Risa (Laudya Cynthia Bella), suami istri yang sudah terucap talak ketiga, tapi memilih rujuk kembali. Alasannya sederhana, keduanya mendapatkan proyek bernilai milyaran. Dalam pengerjaan proyek, Bagas dan Risa diharuskan bekerja bersama. Sebenarnya, keduanya juga masih menyimpan rasa cinta. Terikat oleh hukum agama, maka untuk rujuk mereka harus jalani tahapan berliku. Mereka harus melewati syarat muhalil, atau ada laki-laki lain yang menikahi pihak perempuan. Keduanya lalu bercerai, maka Risa dan Bagas baru bisa menikah lagi.

Demi mempermudah proses rujuk, mereka lakukan berbagai cara pintas.  Mereka suap kepala KUA sampai membuat akta palsu. Semuanya mentok! Cara terakhir adalah, Bagas mencari suami kontrak buat Risa. Beberapa calon dijajaki, tapi tak satu pun memenuhi syarat. Pilihan terakhir adalah Bimo (Reza Rahadian), teman masa kecil Bagas dan Risa. Bimo dianggap lelaki baik dan bertanggung jawab.

Nyatanya, rencana terakhir ini juga memperlihatkan tanda-tanda kegagalan. Pasalnya, Bimo benar-benar menyukai Risa. Ini yang membuat runyam rencana pernikahan kembali Bagas dan Risa.

 

Talak 3 merupakan kolaborasi dua sutradara Hanung Bramantyo dan Ismail Basbeth. Sebelumnya keduanya menghasilkan film Mencari Hilal. Dan Talak 3 menjadi drama komedi yang diharapkan mampu  mengocok perut sekaligus menguras air mata. Kehadiran komedian seperti Dodit Mulyanto yang didapuk sebagai simbol kejujuran. Dengan segala kenaifannya, Dodit mampu menggelitik saraf tawa penonton. Termasuk kehadiran Cak Lontong dengan logika bolak-baliknya mampu menyegarkan film produksi MD Entertainment ini.

Satu pesan yang ingin disampaikan pembuat film kepada pasangan nikah melalui film Talak 3 adalah agar jangan terlalu mudah mengucapkan kata talak. Mengucapkan katanya sangatlah mudah sekali, namun konsekuensi yang harus dihadapi sungguh rumit. Meskipun dalam film semua dikemas serba-menghibur dan penuh kelucuan. “Semoga filmnya menghibur dan pesannya nyampe ke penonton,” ungkap Ismail Basbeth yang memilih syuting filmnya di kota Yogyakarta.

Bagaimana lengkapnya kisah mereka, film Talak 3 bisa disaksikan mulai 4 Februari 2016.

 (Sinemata/TR)

Pemain:

Vino G Bastian (Bagas), Laudya Cynthia Bella (Risa), Reza Rahadian (Bimo), Cak Lontong, Tika Panggabean, Hasmi Gundala, Marwoto, Dodit Mulyanto

Sutradara: Hanung Bramantyo & Ismail Basbeth

Tags