Aach...Aku Jatuh Cinta : Cinta Kacau, Cinta Yang Bikin Termehek-mehek

Aach...Aku Jatuh Cinta :   Cinta Kacau, Cinta Yang Bikin Termehek-mehek

Aach... Aku Jatuh Cinta (AAJC) menjadi karya sineas senior Indonesia, Garin Nugroho. AAJC menandai karya film Garin Nugroho ke-15, setelah berkarya selama 24 tahun. Aktor yang menjadi idola masa kini, Chicco Jerikho dan Pevita Pearce, menjadi pemeran utama di film drama komedi romantis penuh kekacauan. Menurut Garin Nugroho “Pevita adalah aktris yang bila dipakaikan seragam sekolah jadilah siswi SMA Dikenakan kain kebaya, jadilah ia wanita dewasa”. Dengan kata lain, peran usia anak muda hingga dewasa, akan mudah dilakoni.

AAJC sarat nuansa retro yang kuno tapi indah. Sepanjang film sentuhan kekunoan ini dihadirkan Garin dengan penuh warna. Warna-warna yang dihasilkan seakan mewakili kehidupan masa tahun 1970-an, 80an hingga 90-an. Kekacauan ekonomi di era 1970-an turut ‘mengacaukan’ cerita asmara Rumi (Chicco Jerikho) dan Yulia (Pevita Pearce). Kekacauan ini membuat hidup Yulia merana sampai akhirnya patah hati.

Bagaimana cara Rumi mencuri hati Yulia-lah yang membuat penikmat film ini tersenyum dan tertawa. Cerita cinta Rumi dan Yulia dituturkan bak cerita tom dan Jerry, benci-rindu, romantis sekaligus jenaka. Rumi -- diambil dari nama penyair sufi Jalaluddin Rumi --  adalah pria yang puitis. Yulia juga jatuh hati pada Rumi, keduanya selalu berkomunikasi lewat surat yang dimasukkan di dalam botol. Surat-surat mereka menjadi saksi perjalanan cinta mereka.

Selain botol, buku harian menjadi curahan perasaan Yulia. Buku harian juga menjadi saksi perpisahan Yulia dan Rumi. Keduanya menikah dengan pilihan masing-masing. Yulia merasa harus move on karena hubungannya dengan Rumi tidak memiliki tujuan. Tapi, kerinduan dan keterikatan dengan masa lalu menyatukan mereka dengan cara yang akan membuat penonton tergelak tawa. Begitulah asmara Rumi dan Yulia, hubungan mereka unik. Garin menjadikan rangkaian gambar yang puitis dan melodramatis. Sesekali terlihat termehek-mehek.

Setelah menyaksikan filmnya, memang benar AAJC penuh kekacauan. Ada banyak adegan yang kacau karena terasa ada bagian yang tidak mulus terangkum. Seperti adanya missing link transisi adegan, yang membuat adegan terkesan melompat-lompat (jerky). Meskipun secara keseluruhan, AAJC sebagai sebuah ide dan gagasan, bahwa benda-benada kecil, kekacauan ekonomi, isu kehidupan demonstran, hingga perubahan perilaku konsumtif, sangatlah menarik dieksploitasi. AAJC bisa dianggap sebagai film unik dan bukan produk arus utama. Tapi sebagai sebuah hiburan, AAJC banyak melewatkan kesempatan menghasilkan greget yang siap meledak seperti sumbu bom!

(Sinemata/Dz)

Pemain: Chicco Jerikho (Rumi), Pevita Pearce (Yulia), Nova Eliza (Ibu Chicco), Annisa (Ibu Yulia)

Sutradara: Garin Nugroho

  

 

 

Tags