Academy Awards 2016 : Berkah Setelah Pengumuman Nomine Oscar

Academy Awards 2016 : Berkah Setelah Pengumuman Nomine Oscar

HARUS diakui, pengakuan atau apresiasi sering membantu angka penjualan sebuah film. Apalagi pengakuan diberikan oleh festival bergengsi, atau festival yang memiliki bobot komersial dan seni. Pembuat film (film makers) sepakat, menang di Festival Film Cannes, adalah gengsi dan popularitas. Menang di di Cannes sering tidak berdampak pada nilai komersial sebuah film, Berbeda dibanding menang di Academy Awards atau Oscar.

Banyak film-film komersial yang memiliki pencapaian nilai-nilai artistik melihat bahwa Oscar mampu mendorong nilai komersial. Banyak film-film yang peredaran di pasar Amerika dan internasional, lemah di awal tapi melejit ketika mereka masuk nominasi, apalagi menang. Catatannya adalah jadwal edar film-film mereka mendekati pengumuman nomine Oscar.

Kadang tidak selalu mendekati jadwal pengumuman sebagai nomine. Tapi begitu muncul apresiasi disebut sebagai jagoan di ajang Oscar, pun langsung memberi dampak komersial sebuah film.

Contoh nyata adalah film Room. Sebelum masuk sebagai film nomine, Room hanya memberi pemasukan 5,1 juta USD. Setelah dinomine-kan dan digadang-gadang menang Oscar, Room meraih pendapatan seluruh dunia mencapai 23,5 juta USD. Atau mengalami peningkatan penjualan lebih dari 400 persen.

Yang paling mencolok dan merasakan manfaat apresiasi Oscar adalah The Revenant. Sebelum pengumuman nomine Oscar, hanya meraih pendapatan internasional 54,1 juta USD. Tapi begitu puja dan puji sebagai film berkualitas Oscar dan sebagai film nomine, pendapatan internasionalnya melejit hingga 410 juta USD. Room maupun The Revenant masih berpotensi mengisi pundi-pundi uang pembuatnya. Pemasukan sebesar ini, ekuivalen dengan kenaikan hampir 800 persen.

Berikut daftar film-film yang menikmati manisnya apresiasi dan hasiul penjualan setelah pengumuman sebagai film nomine Oscar.

The Martian - 226,6 juta USD, setelah nomine 623 juta USD

Mad Max: Fury Road - 153,6 juta USD, setelah nomine 377 juta USD

Bridge of Spies - 70,8 juta USD, meraih total 164 juta USD

The Revenant - 54,1 juta USD, meraih 410 juta USD

The Big Short - 44,6 juta USD, meraih 124,3 juta USD

Spotlight - 28,8 juta USD, meraih 63,7 juta USD

Brooklyn - 22,8 juta USD 36,7 juta USD

Room - 5,1 juta USD, meraih 23,5 juta USD

 

(Sinemata/ dari berbagai sumber)

 

Tags