SINEREVIEW

Mar 18 2016 by arwuda

Triple 9: Melepas Kode Perburuan Penjahat

ISTILAH Triple 9 digunakan oleh kepolisian Amerika apabila ada petugas terbunuh dalam satu operasi. Kalao kode Triple 9 sudah diucapkan, berarti para polisi bisa memburu para penjahat. Provost atau polisi internal biasanya tidak melakukan pengawasan atau prosedur pengusutan lebih lanjut. Dengan kata lain, ketika Triple 9 diinformasikan petugas lapangan, para polisi bisa leluasa memburu penjahat.

Kesannya memang menegangkan. Bahkan masalah yang bakal muncul di depan bakal chaos, terjadi pembantaian terhadap para pelaku kejahatan. Nyatanya, di film Triple 9, istilah yang sepertinya sangat menakutkan, berlangsung biasa saja. Bahkan setelah kode Triple 9 diucapkan, keadaan juga berlangsung datar-datar saja. Persis seperti jalan cerita film Triple 9 yang tidak istimewa dan biasa-biasa saja.

Jangan bayangkan trailer film Triple 9 yang penuh kekacauan saat ada petugas di lapangan tewas. Jangan bayangkan akan ada perburuan dan penembakan sewenang-wenang terhadap penjahat. Tidak. Sekalinya meledak, drama kriminal Triple 9, berakhir biasa saja. Tak ada impresi sebagai film istimewa.

Mungkin karena ceritanya yang datar saja, proyek film Triple 9, berkali-kali tertunda. Awalnya diplot tahun 2010 bisa jalan produksinya. Shia LaBeouf di dapuk sebagai pemeran utama. Shia mundur lalu diganti Charlie Hunnam. Proyek masih juga tertunda hingga 2013. Tak juga jalan, Charlie mundur dan digantikan Casey Affleck.

Begitu juga pengambilan gambarnya. Baru dimulai di bulan Mei hingga syuting berakhir bulan Agustus 2014.

Triple 9 bercerita tentang para polisi kotor yang terjebak kejahatan mereka sendiri. Mereka adalah Michael, Gabe, Russell, Franco Rodriguez, Marcus Belmont. Mereka harus mematuhi perintah mafia Rusia melalui Irina Vlaslov. Termasuk melakukan perampokan bank dan hanya mengambil satu kotak deposit. Kotak deposit berisi informasi penting bagi kelangsungan operasi mereka.

Michael Atwood juga mau diperintah mafia Rusia, karena istrinya adalah adik Irina. Kini, Irina malah menjauhkan Michael dari anaknya. Demi satu permintaan mencuri satu kotak deposit lagi untuk melengkapi kotak pertama.

Detektif Jeffrey Allen mencurigai keterlibatan polisi dalam aksi kejahatan. Mengingat mereka begitu terlatih, begitu mudah meloloskan diri. Kecurigaan Jeffry menemukan jawabannya.  Gabe Welch beberapa kali melakukan pengintaian terhadap Chris Allen. Chris adalah keponakan Jeffrey. Chris kini menjadi partner baru Marcus Belmont.

Marcus maupun Franco Rodriguez punya cara terlepas dari cengkeraman mafia Rusia. Mereka akan menjebak Chris saat memburu Luis Pinto, lalu membunuhnya. Tewasnya Chris, bisa jadi alasan mereka menggunakan kode Triple 9. Mereka pun bisa memburu para mafia. Termasuk kawanan mafia Rusia, tanpa takut terkena pengawasan provost. Nyatanya, malah Marcus yang tertembak dan kritis.

Jeffrys akhirnya menemukan rangkaian kejahatan para anggota polisi nakal. Termasuk rencana pembunuhan yang akan dilakukan Franco Rodriguez terhadap Michael Atwood.

(Sinemata/*)

Pemain:

Casey Affleck (Chris Allen), Chiwetel Ejiofor (Michael Atwood), Woody Harrelson (Sergeant Detective Jeffrey Allen), Kate Winslet (Irina Vlaslov), Anthony Mackie (Marcus Belmont), Aaron Paul (Gabe Welch), Norman Reedus (Russell Welch), Gal Gadot (Elena) Clifton Collins, Jr (Franco Rodriguez), Teresa Palmer (Michelle Allen), Luis Da Silva (Luis Pinto)

Sutradara: John Hillcoat

TRIVIA

Academy Awards merupakan penghargaan perfilman paling bergengsi. Tayangan malam puncak Piala Oscar dinikmati jutaan penonton TV seluruh dunia. Tapi apakah ada hadiah uang diberikan kepada pemenang/nominee? Besarnya tergantung sponsor yang mau mengisi goodie bag. Tahun lalu nilainya sekitar Rp 50 juta, berupa voucer hotel sampai produk elektronik. Piala Oscar sendiri nilai produksinya hanya sekitar Rp 5 juta.