SINEREVIEW

Apr 14 2016 by arwuda

Surat Cinta untuk Kartini: Kisah Cinta Pengantar Surat dan Anak Ningrat

MNC Pictures merilis film terbaru Surat Cinta Untuk Kartini (SCUK) yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. “Film ini benar-benar sesuatu yang jalannya panjang sekali. Dari tahun kemarin. Ini merupakan kolaborasi saya dengan teman-teman pemain dan seluruh kru sehingga film ini dapat menjadi begitu indah," ujar Azhar ketika ditemui di acara media screening di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Senin (11/4). SCUK berlatar cerita era 1900-an dengan pemain utama Chicco Jerikho & Rania Putrisari.

"Sebelum mulai syuting saya sudah menginap seminggu di lokasi syuting. Saya mendalami peran dengan naik sepeda onthel keliling desa sambil nembang, ngobrol dengan penduduk desa, membiasakan tidak mandi dan tidak memakai sendal. Pemilihan karakter waktu melalui workshop sama (pemeran) empat Kartini lainnya. Tapi akhirnya terpilih Rania. Rania yang paling nggak protes karena gue nggak mandi," beber Chicco Jerikho, pemeran Sarwadi.

Surat Cinta Untuk Kartini bercerita tentang Sarwadi (Chicco Jerikho), seorang ayah beranak satu yang bekerja sebagai tukang pos di Jepara. Ia mengantarkan surat ke desa-desa. Sampai suatu hari, ia mengantarkan surat yang ditujukan untuk putri Raden Mas Adipati (RMA) Ario Sosroningrat (Donny Damara) yaitu, Kartini (Rania Putrisari). Kartini dibesarkan kedua ibunya.  Kartini dari keturunan ningrat, tetapi status sosial tidak menjadikan Kartini sombong dan angkuh. Kartini justru peduli terhadap rakyat kecil, terutama perempuan Jawa.

Pertemuan demi pertemuan membuat Sarwadi jatuh hati. Sarwadi bangga bisa mencintai Kartini yang pantang menyerah.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Sarwadi untuk memperjuangkan cintanya pada Kartini? Ini yang menjadi twist cerita. SCUK merupakan film fiksi berlatar sejarah yang diniatkan menginspirasi kaum perempuan, sekaligus memberi bunga cerita baru soal cinta lelaki lain, atau adanya pemuja Kartini. Toh realita sejarah sudah tertulis bahwa jodoh Kartini adalah KRMA Ario Singgih Djojo Adhiningrat, Bupati Rembang.

(Sinemata/DN)

Pemain:

Chicco Jerikho (Sarwadi), Rania Putrisari (Kartini), Keke Harun, Ayu Dyah Pasha, Ence Bagus, Maya Putri, Ahmad Rosadi, Melayu Nichole

Sutradara: Azhar Kinoi Lubis

 

 

TRIVIA

SEPULUH film gangster kriminal Hollywood terbaik versi rating IMDB.com (skala 1 – 10) adalah Godfather (1972 – 9,2), Godfather 2 (1974 – 9), Goodfellas (1990 – 8,7), Road to Perdition (2002 – 8,7), Departed (2006 – 8,6), Once Upon a Time in America (1984 – 8,4), LA Confidential (1997 – 8,3), Casino (1995 – 8,2), The , The Untouchable (1987 – 8), Donnie Brasco (1997 – 7,8)