SINEREVIEW

May 24 2016 by arwuda

Reza Rahadian: Bossman, Peran Yang Sangat Berhasil

HARUS diakui keberhasilan film My Stupid Boss meraih 771 ribu penonton dalam lima hari, salah satunya karena totalitas Reza Rahadian. Tampilan Bossman dianggap pembaca novel, mendekati karakter yg digambarkan di film. Perut buncit, make-up wajah botak, kumis lele, gaya ketawa, semua yang melekat pada diri Bossman sudah memancing tawa penonton.

“Mengerjakan make-up agar tampak seperti Bossman bukan tanpa perjuangan. Butuh waktu berjam-jam untuk mewujudkannya,” jelas aktor kelahiran 1987 ini. Memoles wajah seperti Bossman, dibutuhkan dua jam. Termasuk pasang rambut botak dan kumis lelenya. Sering kali waktu yang dibutuhkan lebih dari dua jam. “Lalu, butuh satu jam lebih untuk melepas dan membersihkan semua make-up yang menempel. Dan semua berlangsung tiap hari selama syuting.”

Totalitas mewujudkan karakter Bossman, juga menjadi siksaan tersendiri buat aktor yang mengawali karier di film horor Pulau Hantu 2. Tempat syuting harus berpendingan, minimal ada kipas atau udara dingin yang terarah pada badannya. Bila tidak, keringat akan membasahi tubuhnya. Make-up dan aksesoris menempel akan semakin membuatnya gerah.

Selain aksesoris yang membuat perutnya melendung, Reza Rahadian juga rela menambah bobot tubuhnya tujuh kilogram. Peningkatan bobot tubuh dilakukan sebulan menjelang syuting. “Bila perlu jatah makanan Bunga pun saya habiskan di saat latihan membaca skenario,” gurau aktor peraih dua Piala Citra ini.

Memang menyulitkan dan penuh tantangan. Tapi Reza Rahadian justru merasakan totalitas paling membahagiakan ya di film My Stupid Boss. “Bayangkan, penonton sudah terbiasa melihat karakter saya yang positif, menyenangkan dan punya chemistry saat bersama BCL. Tiba-tiba memainkan karakter ‘ancur’ seperti Bossman. Luar biasa tantangan peran yang harus saya mainkan. Dan berhasil tidaknya, ya saya tunggu respons dari penonton,” ucap pemeran Tjokroaminoto ini.

My Stupid Boss menjadi film box office, tentu salah satunya berkat usaha keras dan jibaku Reza Rahadian menghidupkan karakter Bossman. Kalau ukuran keberhasilan adalah jumlah penonton yang 771 ribu selama lima hari pertama pemutaran, tentu peran Reza Rahadian sudah sangat berhasil!

(Sinemata/*)