Promise: Melly Goeslaw Inspirasi Kucing dari Balik Gorden

Nov 15 2016 ,

Promise: Melly Goeslaw Inspirasi Kucing dari Balik Gorden

Promise: Melly Goeslaw Inspirasi Kucing dari Balik Gorden

ADA yang unik saat Melly Goeslaw bercerita tentang lagu Promise yang menjadi sound track film dengan judul sama: Promise. Ternyata Melly terinspirasi dari kucing yang berada di balik gorden rumahnya.

Bagi Melly inspirasi lagu atau lirik bisa datang darimana saja. Lagu Promise tercipta saat mood-nya lagi baik. Ia lihat kucing kesayangannya bernama Caramel bersembunyi di balik gorden. Si Caramel mengendap-endap dari balik gorden itu menjadi inspirasinya. “Kucingnya pemalu banget. Dia sembunyi di balik tirai rumah. Dan saya melihatnya begitu lucu,” ungkap istri Anto Hoed ini.

Muncullah lirik di bait pembuka lagu: ‘Kamu mau sembunyi dimana?’. Lalu kalimat berikutnya: ‘Aku bisa ngendus bau-mu’. Berikutnya mengalir lirik-lirik yang berasal dari film berikut karakter yang harus ia hidupkan dalam lagu. “Prosesnya tak mudah, apalagi permintaan Screenplay, selain pesan janji cinta harus bisa jelas dicerna pendengar lagu, memberi warna lagu orkestra bernuansa Eropa,” jelas Melly di acara Rilis OST Promise di Lounge XXI, Senayan, Jakarta, Senin (14/11).

Tahap berikutnya adalah setelah lirik jadi, Melly justru minta dua anaknya – Abe dan Ale – membaca berulang dan mengoreksi pilihan kata dan bahasanya. “Kuratornya anak saya sendiri. Dan saya dengar masukan dari mereka. Saya baca lagi skenario dan masukan dari rumah produksi dan sutradara, sebelum saya minta suami untuk menyelesaikan musiknya,” tambahnya.

Beruntung Anto Hoed, sang suami, memahami yang ada dalam benak Melly. Jadilah lagu Promise dengan dentingan lembut suara piano, plus suara string dan berlatar orkestrasi. Mirip-mirip musik baroque dengan sentuhan irama waltz. Melly juga dianggap berhasil menyampaikan pesan lagu seperti tema film Promise. Yaitu tentang janji cinta yang harus dipenuhi tokoh-tokoh di film seperti Dimas Anggara yang berperan sebagai Rahman, Amanda Rawles sebagai Kanya, Mikha Tambayong Moza sebagai dan Boy William sebagai Aji.

Film Promise dirilis pada 5 Januari 2017 nanti.

(Sinemata/*)