Dumbo: Dipaksa Masuk Akal Sehat

Gajah buruk rupa bertelinga terlalu lebar yang pada akhirnya menjadi bintang sirkus. Dumbo, yang ternyata namanya didapat secara tidak sengaja saat ia tampil untuk pertama kali. Menjadi seekor gajah yang berbeda dari gajah lainnya, Dumbo terpaksa harus menerima cacian dari mulut jahat manusia. Tak terima, Jumbo akhirnya membela dan melindungi anaknya. Dianggap gajah yang galak, akhirnya Jumbo dijual oleh sang pemilik sirkus.

Dumbo: Dipaksa Masuk Akal Sehat

Beruntung, Dumbo dirawat oleh dua orang anak kecil Joe dan Millie Farrier yang pertama kali melihat Dumbo bisa melayang saat bersin. Kedua anak kecil ini juga yang meyakinkan Dumbo untuk tampil di sirkus dan membeli kembali ibunya dengan uang yang dihasilkan. Ini cukup aneh, karena pada film Dumbo tidak punya dialog apapun. Tak lama setelah itu, Dumbo akhirnya tampil dan memberikan performa yang apik menjadi pemadam kebakaran. Kecelakaan lagi-lagi terjadi, yang memaksa Dumbo akhirnya terbang dan menunjukkan para penonton dan majikannya bahwa ia bisa terbang. Dari situlah ia menjadi bintang sirkus yang terkenal hingga seluruh dunia.

Dumbo: Dipaksa Masuk Akal Sehat

Ketidak-masuk-akalan hal yang kontras adalah seekor gajah yang bisa terbang karena telinganya lebar namun tidak bisa berbicara. Tanggung, jika ada gajah bisa terbang tapi tak bisa berbicara. Terkesan ingin masuk akal namun karakter Dumbo sendiri sangat tidak masuk akal. Dumbo tertolong oleh jalan cerita yang rapi dan jelas untuk sebuah film yang menyasar anak-anak kecil dan keluarganya. Dengan tampilan visual yang ciamik, animasi yang halus dan penuh warna menjadikan film Dumbo spesial untuk ditonton oleh keluarga. Banyak hal juga yang bisa kita petik dari film Dumbo, diantaranya adalah nilai-nilai kekeluargaan, mencintai hewan liar dan habitatnya. Tim Burton berhasil menyutradari film keluarga ini dengan ciri khasnya, ada seorang antagonis yang nyentrik dan pada akhirnya sisi baik akan menang.

Dumbo: Dipaksa Masuk Akal Sehat

Akting dari para aktor juga menjadi sorotan di film ini. Collin Ferrel (Holt Farrier) begitu baik memerankan seorang Kapten di sirkus yang ternyata punya pengalaman perang asli saat menjadi tentara. Michael Keaton, Danny DeVito, Eva Green dan Finley Hobbins juga tampil garang di film ini. Sedangkan Nico Parker yang memerankan Millie Farrier sama sekali tidak ekspresif.

Sinemata merekomendasikan Dumbo buat Cinegoers yang mau menonton film di akhir minggu bersama dengan keluarga. Sarat akan nilai-nilai yang baik, visualisasi yang menarik dan jalan cerita yang sangat bisa dinikmati ada pada film Dumbo!

 

(Sinemata / AAD)

Sutradara: Tim Burton

Pemain: Collin Ferrel, Eva Green, Michael Keaton, Danny DeVito, Finley Hobbins, Nico Parker

               

Tags