Pembunuhan Berantai di Negeri Surga

Pembunuhan Berantai di Negeri Surga

SANGATLAH ikonik situasi pengibaran bendera Tentara Merah di atap gedung Reicthstag, Berlin tahun 1945. Pengibarnya adalah Leo Demidov sang pengibar bendera dan Alexi Andreyev lelaki pemakai jam tangan. Dan Vasilli, si pemuda penakut. Tiga tokoh fiktif ini menjadi perangkai cerita film drama thriller, Child 44.

Tapi jangan bayangkan Child 44 beralur sejarah. Setelah menjadi perwira penyidik Leo justru tergerak oleh sejumlah kematian anak-anak. Luka sayat di punggung, korban seperti ditenggelamkan, dan sejumlah luka memar di tubuh korban. Leo menduga, anak-anak ini adalah korban pembunuhan berantai. Apalagi setelah putra Alexi menjadi korban pembunuhan.

Penyelidikan Leo terbentur masalah kebijakan negeri komunis terhadap orang seperti Leo. Di negeri surga tidaklah ada kematian berantai atau pembunuhan berantai’, dogma ini yang menyeret Leo dianggap sebagai pembangkang. Apalagi istrinya, Raisa, dicurigai sebagai agen asing. Ditambah dendam Vasilli, lengkap sudah derita Leo dan istrinya. Ia harus menjalani penurunan pangkat, diasingkan, bahkan tak dizinkan menginjak Moskow. Atasannya di pengasingan Jenderal Mikhail Nesterov, lebih sering memusuhinya. Namun ketika diingatkan Nesterov juga punya anak sepuluh tahun dan berpotensi menjadi korban pembunuhan, barulah Nesterov membantu Leo.

Ternyata derita Leo sesungguhnya dikarenakan orang-orang dekatnya. Dendam Vasilli yang selalu jadi korban superioritas Leo. Vasilli bersekongkol dengan atasannya, Kapten Kuzmin, menyingkirkan Leo. Kawan dekat Raisa yang ternyata informan negara, termasuk si tukang jagal Vladimir Malevich yang menjadi korban cuci otak Nazi untuk meminum darah segar anak-anak dan organ tubuh mereka.

Cerita seorang penyidik negeri komunis era 1950-an bukanlah kisah yang mudah dipahami. Begitu kompleks memahami kondisi sosial Rusia masa itu. Pemenang perang melawan Nazi, penguasa Berlin, kebangkitan komunisme, meskipun harus ditebus kehancuran ekonomi dan tewasnya berjuta anak-anak seusia Leo kecil. Juga bukan hal yang lumrah melakukan penyidikan pembunuhan di ‘negeri surga’, alih-alih malah dicurigai sebagai antek asing. Belum lagi problem relasi suami-istri. Bertahun Leo menikahi Raisa tanpa kehadiran seorang anak.

Child 44 menjadi cerita unik tentang drama pembunuhan berantai di negeri komunis. Belum pernah ada unit khusus yang menangani masalah pembunuhan, tapi begitu banyak institusi negeri komunis ini yang punya kewenangan melenyapkan hak hidup warga. Child 44 sebenarnya juga bertutur tentang jutaan anak-anak Kroasia yang kehilangan orangtua akibat invasi Uni sovyet (sekarang Rusia).

(Sinemata/*)

Pemain:

Tom Hardy (Leo), Joel Kinnaman (Vasilli), Noomi Rapaca (Raisa), Gary Oldman (Nesterov), Fares Fares (Alexei), Paddy considine (Vlad)

Sutradara: Daniel Espinosa

Tags