3 Film Tertua dalam Sejarah

FILM sebagai salah satu medium bercerita selalu berkembang. Mulai dari tema hingga teknik. Namun film saat ini tidak akan ada tanpa film-film sederhana di bawah ini.

 

Roundhay Garden Scene

Roundhay Garden Scene adalah film pertama di dunia. Film hitam putih tanpa suara ini dirilis tahun 1888. Berdurasi 2.11 detik, film ini dibuat dan direkam Louise Le Prince. Seorang penemu dari Perancis. Film ini menampilkan Adolphe, anak Le Prince; Sarah dan Joseph Whitley , mertua Le Prince; juga Annie Hartley berjalan di taman rumah Sarah dan Joseph. Lokasinya ada di Oakwood Grange di Roundhay, Leeds, Inggris. Film ini diperkirakan direkam 14 Oktober 1888.

3 Film Tertua dalam Sejarah

Film ini menimbulkan kehebohan setelahnya. Le Prince menghilang saat akan berangkat mendaftarkan kamera buatannya. Tubuh dan barang bawaannya tidak pernah ditemukan. Sarah Whitley meninggal sepuluh hari setelah film ini dibuat. Adolphe, anak Louis Le Prince juga ditemukan tewas tertembak saat akan bersaksi di pengadilan.

Dickson Greeting

3 Film Tertua dalam Sejarah

Film tertua kedua adalah Dickson Greeting. Film ini dirilis tahun 1891, hitam putih dan tanpa suara. Menampilkan W. K. L. Dickson  yang sedang memegang topi. Pengambilan gambar dilakukan di studio Black Maria milik Thomas Edison tanggal 20 Mei 1891. Kinetograph, kamera perekam yang sedang dikembangkan olehnya, digunakan untuk membuat film ini. Film ini ditampilkan secara publik di Federasi Wanita Nasional. Dickson merupakan salah satu penemu yang ikut mengembangkan alat-alat perfilman untuk pertama kalinya.

Pantomimes Lumineuses

3 Film Tertua dalam Sejarah

Film animasi tiga seri yang dibuat Charles-Émile Reynaud pada 1892. Film ini adalah salah satu film animasi pertama. Terdiri dari Le Clown et ses chiens; Pauvre Pierrot; dan  Un bon bok)Dibuat menggunakan teknik Théâtre Optique yang dikembangkan Reynaud. Teknik ini membuat Reynaud dapat menampilkan film yang digambar dan diwarnai secara manual sebelum ditemukannya sinematograf. Film ini ditampilkan ke publik Oktober 1892 when di Musée Grévin. Dua bagian dari film ini, Un bon bok dan Le Clow est ses chiens dianggap hilang.

 

Sudah pernah nonton film-film di atas?

( Sinemata / ANH )

 

 

Tags