4 Film yang Bercerita tentang Orang dengan Keterbatasan Pendengaran

Beberapa kali, ada film yang bercerita tentang orang-orang dengan disabilitas. Dan ternyata beberapa di antaranya cukup spesifik membahas orang-orang dengan keterbatasan yang cukup spesifik. Misalnya saja film-film di bawah ini yang bercerita tentang keterbatasan pendengaran yang cukup banyak juga jenisnya.

Hear and Now

4 Film yang Bercerita tentang Orang dengan Keterbatasan Pendengaran

Film dokumenter tahun 2007 karya Irene Taylor Brodsky. Film ini memenangkan penghargaan di Sundance Film Festival 2007 dan Heartland Film Festival. Selain itu juga dianugerahi Peabody Awards pada tahun 2008. Film ini akhirnya juga ditayangkan di HBO yang ikut mendanai pembuatannya.

Film ini bercerita tentang orang tua sang pembuat film. Mereka adalah kedua orang tua yang tuli, namun membesarkan anak-anak yang tidak tuli. Paul Taylor dan istrinya, Sally Taylor memutuskan untuk menempuh operasi implan koklea pada umur 60 tahun. Prosedur ini membuat mereka bisa mendengar untuk pertama kali dalam hidup mereka.

Dokumenter ini menceritakan mulai dari sejarah pasangan ini hingga efek dari operasi yang dilakukan. Mulai dari masa kanak-kanak di sekolah khusus, kesulitan dan stigma yang diterima saat akhirnya belajar di sekolah umum. Juga saat meniti karir. Paul sendiri salah satu pionir pengembangan alat telekomunikasi untuk orang tuli di komunitas Tuli pada The National  Technical Institute of The Deaf.

Operasi yang dilakukan tidak hanya berefek positif. Penyesuaian yang dilakukan setelah operasi ternyata penuh tantangan.

Hear Me

4 Film yang Bercerita tentang Orang dengan Keterbatasan Pendengaran

Film komedi romantis tahun 2009 yang ditulis dan disutradarai Cheng Fen-fen. Eddie Peng ikut bermain sebagai Tian-kuo, seorang kurir pengantar makanan, dan Ivy Chen sebagai Yang-Yang. Satu hari, Tian-kuo melihat Yang Yang, gadis tuli cantik yang sedang mengantarkan makanan untuk Xiao Peng, saudaranya yang sedang berusaha untuk masuk kualifikasi Deaflympics. Tian-kuo berusaha belajar bahasa isyarat agar bisa berteman. Sekaligus mendapatkan hatinya.

Film ini banyak memakai bahasa isyarat sebagai bagian integral dalam film.

Music Within

4 Film yang Bercerita tentang Orang dengan Keterbatasan Pendengaran

Music Within adalah film drama komedi tahun 2007 yang dsutradarai Steven Sawalich dan dibintangi Ron Livingston, Melissa George, Michael Sheen, Rebecca De Mornay, dan Marion Ross. Film ini terinspirasi dari kisah nyata Richard Pimentel, public speaker yang kehilangan pendengarannya setelah ikut diterjunkan pada Perang Vietnam. Ia akhirnya menjadi aktivis dan berperan besar dalam meloloskan Americans with Disabilities Act.

The Hammer

4 Film yang Bercerita tentang Orang dengan Keterbatasan Pendengaran

Film biografi tahun 2011 tentang Matt Hamill, pegulat yang terlahir tuli. Film ini disutradarai Oren Kapi dan ditulis Eben Kostbar juga Joseph McKelheer. Mark Hamill dimainkan oleh Russell Harvards, aktor yang juga tuli. The Hammer mengikuti perjalanan masa muda Matt Hamill pada tahun 1997. Saat itu Hamill kuliah tingkat dua di Rochester Institute of Technology.

 

 

 

Tags