Sineworld: Tiga Genre Favorit Thailand

Kesuksesan film-film Thailand kini ternyata mempunyai sejarah yang cukup panjang. Mulai tahun 2000-an film Thailand bergenre aksi, komedi, horor, sejarah dan drama terhitung sering diproduksi oleh rumah-rumah produksi di Thailand. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sukses juga diluar Thailand, termasuk Indonesia. Film independen dari sineas-sineas lokal mampu unjuk gigi dan meraih banyak penghargaan internasional yang bergengsi. Tahun 2003, Thailand akhirnya menggelar Bangkok International Film Festival, untuk mempertemukan film-film terbaik pilihan dari seluruh dunia.

Berikut Sinemata rangkum buat kamu nih cinegoers, ada tiga genre paling populer perfilman Thailand:

Sineworld: Tiga Genre Favorit Thailand

Genre aksi di Thailand merupakan salah satu genre paling populer yang tidak hanya sukses di pasar domestik namun juga di pasar global. Tidak jarang juga film-film aksi Thailand mendapatkan pujian kritikus luar negeri. Aktor laga legendaris dari Thailand, Tony Jaa menjadi maskot film aksi di Thailand sejak Ong Bak meledak dan menjadi film sukses secara global. Pada tahun 2005 Tony Jaa membintangi Tom Yum Goong yang merupakan salah satu film Thailand yang paling sukses di Amerika. Ayo, pasti ada diantara kalian yang ingin belajar bela diri Muaythai hanya karena nonton Tony Jaa ‘kan?

Sineworld: Tiga Genre Favorit Thailand

Film horor juga menjadi salah satu yang paling menonjol dari perfilman negeri Siam ini. Sebut saja The Eye (2002), Shutter (2004), Dek Hor (2004), Art of the Devil (2004), Alone (2009), dan dua film yang merupakan gabungan dari karya empat sineas horor Thailand 4bia (2008) dan Phobia (2009). Mulai dari cerita, property, make up dan juga plot twist yang ciamik semua mempengaruhi kualitas dari film-film horor Thailand. Siapa disini yang menikmati film-film horor Thailand?

Sineworld: Tiga Genre Favorit Thailand

Komedi bisa dibilang tidak bisa lepas dari film-film Thailand apapun genrenya. Namun, film yang benar-benar komedi sendiri juga banyak yang mendunia. First Love (2010) diputar di Shanghai International Film Festival berhasil mengocok perut para penontonnya baik domestik maupun penonton luar Thailand. Komedi musikal yang terkenal Suck Seed (2011) juga bisa dibilang film drama komedi remaja tersukses.

Dari tiga genre film khas Thailand, mana yang kamu paling sukai cinegoers?

 

( Sinemata / AAD )

 

Tags